Kajian pembelajaran menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari di SMA Negeri 1 Sangkapura / Bella Sistra Dhamayanti

Dhamayanti, Bella Sistra (2019) Kajian pembelajaran menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari di SMA Negeri 1 Sangkapura / Bella Sistra Dhamayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Dhamayanti, Bella Sistra. 2018. Kajian Pembelajaran Menganalisis Sifat Elastisitas Bahan dalam Kehidupan Sehari-hari di SMA Negeri 1 Sangkapura. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si, (2) Sugiyanto, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidik, Menganalisis Sifat Elastisitas Bahan dalam Kehidupan Sehari-hari. Berhasilnya pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pendidik yang berperan sebagai penanggung jawab atas semua kegiatan pembelajaran, sehingga mengharuskan pendidik menjadi profesional. Pendidik yang profesional harus memiliki kemampuan yang bukan sebatas menyampaikan materi melainkan juga harus mampu mengembangkan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Faktanya pendidik masih memiliki kendala pada ketiga tahap tersebut. Kendala tersebut menyebabkan banyak permasalahan pada pembelajaran fisika salah satunya pada pembelajaran menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengkaji tentang fakta pendidik dalam melaksanakan ketiga tahap pembelajaran tersebut agar menguraikan penyebab masalah yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan penilaian produk RPP. Analisis dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada tahap perencanaan pembelajaran, pendidik sangat mempersiapkan perangkat pembelajaran menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari dengan matang. Pada RPP yang dirancang pendidik masih teerdapat 3 komponen yang tidak sesuai dengan ketentuan instrumen yakni, materi pembelajaran, media pembelajaran dan media pembelajaran; (2) Pada tahap pelaksanaan, pendidik sangat memenuhi persyaratan pelaksanaan pembelajaran dan pada kegiatan pembelajaran terdapat 15 kegiatan yang tidak dilaksanakan oleh pendidik dari 48 kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada tahap pelaksanaan pembelajaran; (3) ii Pada tahap penilaian pembelajaran, pendidik telah melakukan tiga penilaian sesuai dengan kebijakan tetapi penilaian tersebut masih perlu terdapat kesalahan yang akan berakibat pada tidak tercapainya tuntutan pada KD yang hendak dibahas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18933

Actions (login required)

View Item View Item