Pengembangan multimedia pembelajaran mobile learning berbasis android pada topik polarisasi cahaya untuk menunjang perkuliahan fisika dasar di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Ardi Ari Fuzaki

Fuzaki, Ardi Ari (2019) Pengembangan multimedia pembelajaran mobile learning berbasis android pada topik polarisasi cahaya untuk menunjang perkuliahan fisika dasar di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Ardi Ari Fuzaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fuzaki, Ardi, A. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Topik Polarisasi Cahaya untuk Menunjang Perkuliahan Fisika Dasar di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Winarto, Drs, M.Pd, (II) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D. Kata Kunci: Mobile learning, Multimedia pembelajaran Materi Polarisasi Cahaya merupakan salah satu topik dalam kuliah Fisika Dasar yang memiliki materi prasyarat Gelombang Elektromagnetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar berupa m-learning di lingkungan perguruan tinggi yang berbasiskan aplikasi Android dalam penggunaan perangkat smartphone, phablet maupun tablet. Aplikasi terdiri atas beberapa media diantaranya: teks, gambar, animasi dan video yang saling terintegras menjadi satu untuk meningkatkan: pengalaman belajar mahasiswa; daya tarik; motivasi belajar, dan menghasilkan kemungkinan individu untuk belajar mandiri dimanapun dan kapanpun melalui perangkat mobile mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lima langkah yang disingkat ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluation) yang melibatkan 20 mahasiswa sebagai responden dan 1 dosen validator instrumen. Validator memberikan respon terhadap 4 aspek yang telah tersedia dalam angket penilaian validator diantaranya: aspek komponen isi, aspek komponen penyajian, aspek komponen kebahasaan dan aspek desain dari aplikasi. Masing-masing komponen dinilai menggunakan empat skala linier (Skala Likert). Hasil menunjukan bahwa skor komponen isi memperoleh 85,71%, skor komponen penyajian memperoleh 85,71%, dan komponen kebahasaan memperoleh 100% serta aspek desain aplikasi memperoleh skor 87,5%. Hasil uji keterbacaan memperoleh skor 85,2%. Hasil-hasil tersebut mengimplikasikan bahwa penggunaan m-learning berbasis Android di jurusan mendapatkan respon positif dari penggunanya karena portabilitas, aksesibiltas dari m-learning sendiri sehingga banyak dari responden yang tertarik. Keterbatasan penelitian ini adalah terbatasnya jumlah responden, yang menyebabkan perlunya meningkatkan jumlah populasi mahasiswa yang lebih luas, sehingga didapatkan preferensi data yang lebih akurat. Untuk kedepanya, perlu uji efektivitas produk di dalam kelas untuk membandingkan antara m-learning dengan pembelajaran tradisional berbasis kertas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18932

Actions (login required)

View Item View Item