Rohmawati, Widya (2019) Analisis penguasaan konsep siswa tentang gaya-gaya pada benda dalam fluida statis dengan pembelajaran demonstrasi interaktif di SMAN 5 Malang dan SMK Taman Universiti Malaysia / Widya Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rohmawati Widya. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Siswa Tentang Gaya-Gaya pada Benda dalam Fluida Statis dengan Pembelajaran Demonstrasi Interaktif di SMAN 5 Malang dan SMK Taman Universiti Malaysia. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (II) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci hukum Archimedes hukum Newton demonstrasi interaktif. Penguasaan konsep siswa tentang gaya-gaya pada benda dalam fluida statis penting untuk ditingkatkan dengan menerapkan pembelajaran demonstrasi interaktif. Untuk bisa menguasai konsep tentang gaya-gaya pada benda dalam fluida statis dengan baik siswa harus bisa mengidentifikasi gaya-gaya yang bekerja pada benda dan dapat menggambar diagram bebas dari gaya-gaya tersebut. Kemudian guru juga harus membelajarkan siswa dengan menghadirkan contoh fisis yang nyata sesuai dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari agar siswa memperoleh penguasaan konsep yang baik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mixed method-embedded experimental design tipe One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Malang dan SMK Taman Universiti Malaysia. Data kuantitatif dalam penelitian ini yaitu skor pretest dan posttest siswa. Data kualitatif dalam penelitian ini yaitu alasan siswa dalam menjawab soal hasil observasi pembelajaran dan hasil wawancara terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menganalisis fenomena benda terapung melayang dan tenggelam. Kesulitan siswa juga ditemukan dengan adanya miskonsepsi yang dialami siswa yaitu (1) siswa menganggap bahwa benda yang lebih terapung akan selalu memperoleh gaya apung yang lebih besar (2) ketika terdapat benda yang terapung dan dalam keadaan setimbang maka siswa berasumsi bahwa besar gaya apung benda tersebut lebih besar daripada gaya berat benda (3) siswa tidak memperhatikan adanya gaya tegang tali pada fenomena benda yang tergantung di dalam wadah berisi cairan. Pembelajaran dengan demonstrasi interaktif dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa tentang gaya-gaya pada benda dalam fluida statis. Nilai d-effect size baik pada siswa SMAN 5 Malang maupun SMK Taman Universiti termasuk dalam kategori lebih besar sekali dari standar. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah konseptual siswa diketahui melalui perhitungan rata-rata gain ternormalisasi yang termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |