Efektivitas LKPD berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains pada materi pemuaian / Septa Lutfia Rismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas LKPD berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains pada materi pemuaian / Septa Lutfia Rismawati

Rismawati, Septa Lutfia (2019) Efektivitas LKPD berbasis STEM terhadap kemampuan literasi sains pada materi pemuaian / Septa Lutfia Rismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rismawati Septa Lutfia. 2019. Efektivitas LKPD Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Pemuaian. Skripsi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (2) Dr. H.Wartono M.Pd Kata Kunci LKPD Pendekatan STEM Literasi Sains Perkembangan ilmu dan teknologi semakin menyebar luas terutama di negara berkembang seperti di Indonesia. Hal tersebut menjadi alasan untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Adanya integrasi pendekatan antara sains teknologi engineering dan matematika (STEM) dalam pendidikan menjadi salah satu solusi alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran fisika yang kontekstual dan ilmiah. Oleh karena itu dengan menggabungkan pendekatan STEM pada LKPD memungkin proses pembelajaran lebih efektif. Masalah-masalah fisika dapat disajikan melalui lembar kerja peserta didik sehingga peserta didik akan terlibat didalamnya proses pembelajaran lebih menarik tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dapat dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan LKPD berbasis STEM dalam kemampuan literasi sains (kompetensi) peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yang digunakan pretest- postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengukuran berupa soal tes kemampuan literasi sains yang telah dilakukan uji validitas reliabilitas daya pembeda dan taraf kesukaran.Kemudian hasil tes diuji prasyarat analisis data dan uji hipotesis menggunakan Uji Mann- Whitney U Test dengan taraf signifikan 0 05 dan Gain Score. Berdasarkan hasil Gain Score yang dilakukan untuk melihat peningkatan kemampuan literasi sains diperoleh score 35 5 untuk kelas eksperimen dan score 28 49 untuk kelas kontrol. Hasil gain diperoleh bahwa kelas eksperimen memiliki peningkatan kemampuan literasi sains daripada kelas kontrol. Berdasarkan skor gain yan diperoleh tampak bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berbasis STEM pada kelas eksperimen dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis STEM efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18930

Actions (login required)

View Item View Item