Pengembangan bahan ajar fisika berbasis android dengan model STAD (Students Team Achievement Division) disertai problem solving Polya pada materi suhu dan kalor / Nafisatul Mukaromah

Mukaromah, Nafisatul (2019) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis android dengan model STAD (Students Team Achievement Division) disertai problem solving Polya pada materi suhu dan kalor / Nafisatul Mukaromah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mukaromah, Nafisatul. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Android dengan Model STAD (Student Team Achivement Divisions) disertai Problem Solving Polya pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D., (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd. Kata Kunci: Bahan ajar, android, flipbook, model STAD, problem solving Polya. Banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi Suhu dan Kalor. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan kurang menunjang proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebaiknya melibatkan siswa untuk membangun komunikasi, keterampilan sosial, dan belajar bekerja secara interdependen. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Divisions) terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan kerjasama siswa. Selain itu siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka jika dalam proses pemecahan masalahnya menggunakan langkah-langkah problem solving Polya. Guru selalu menggunakan bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang baik harus memfasilitasi siswa dengan menuntut siswa untuk memecahkan masalah melalui konsep, matematis dan prinsip fisika. Selain itu, pemanfaatan teknologi dalam pengembangan bahan ajar dapat menunjang komponen yang dibutuhkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, peneliti ingin mengembangkan bahan ajar fisika berbasis android dengan model STAD (Student Team Achievement Divisions) disertai problem solving Polya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar fisika berbasis android dengan model STAD (Student Team Achievement Divisions) disertai problem solving Polya. Prosedur penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan lima tahap (dari sepuluh tahap) dengan menggunakan model Borg & Gall. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis rata-rata dan teknik analisis persentase. Hasil validasi bahan ajar, RPP, dan tunjuk penggunaan dalam penelitian dan pengembangan ini menunjukka kategori layak, dan hasil uji coba keterbacaan oleh siswa dikategorikan terbaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis android dengan model STAD (Student Team Achievement Divisions) disertai problem solving Polya dapat digunakan dalam proses pembelajaran dikelas untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18928

Actions (login required)

View Item View Item