Analisis soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) fisika SMA tahun pelajaran 2017/2018 Kabupaten Malang berdasarkan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan penyusunannya / Risa Fauziah Ayu Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) fisika SMA tahun pelajaran 2017/2018 Kabupaten Malang berdasarkan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan penyusunannya / Risa Fauziah Ayu Ramadhani

Ramadhani, Risa Fauziah Ayu (2019) Analisis soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) fisika SMA tahun pelajaran 2017/2018 Kabupaten Malang berdasarkan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan penyusunannya / Risa Fauziah Ayu Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Ramadhani Risa Fauziah Ayu. 2018. Analisis Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Fisika SMA Tahun Pelajaran 2017/2018 Kabupaten Malang Berdasarkan Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dan Penyusunannya. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci Analisis Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Higher Order Thinking Skill (HOTS). Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu pendidik Fisika SMA yang merupakan anggota dari tim MGMP (Musyawarah Pendidik Mata Pelajaran) Fisika kabupaten Malang bahwa hasil belajar (nilai) peserta didik yang dilihat dari hasil (nilai) PAT belum banyak menunjukkan tingkat keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Hal ini terjadi karena masih banyak pola berpikir peserta didik yang belum menjurus ke arah Ujian Nasional. Dengan demikian dilakukannya telaah kualitas soal dengan menggunakan analisis soal berdasarkan kategori berpikir tingkat tinggi agar dapat dideskripsikan kelayakan evaluasi yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) hasil analisis soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Fisika SMA tahun pelajaran 2017/2018 kabupaten Malang berdasarkan kategori HOTS (2) prosedur penyusunan soal tipe HOTS menurut pendidik SMA kabupaten Malang. Jenis penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian kualitatif ini. Penelitian ini melibatkan tujuh SMA di kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan yaitu panduan observasi (angket) dan panduan wawancara yang ditujukan untuk pendidik SMA kabupaten Malang seta panduan telaah analisis soal HOTS yang digunakan untuk menganalisis soal PAT Fisika SMA tahun peajaran 2017/2018 kabupaten Malang. Tahapan dalam penelitian ini yaitu peneliti memberikan angket kepada pendidik SMA kabupaten Malang kemudian mewawancarainya jika pendidik tersebut merupakan anggota MGMP kabupaten Malang. Setelah melakukan wawancara peneliti meminta soal yang digunakan untuk PAT tahun pelajaran 2017/2018 untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pendidik rata-rata soal HOTS dalam soal PAT Fisika SMA Kabupaten Malang tahun ajaran 207/2018adalah 47% sedangkan menurut rubrik adalah 27%. Hal ini sependapat bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi atau dikenal dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS) belum dipahami oleh para guru karena kurangnya informasi dan keterampilan yang dimiliki. Kategori berpikir tingkat tinggi yang paling banyak termuat dalam soal PAT Fisika SMA kabupaten Malang tahun ajaran 2017/2018 ialah kategori soal yang memuat stimulus berupa gambar. Dan prosedur penyusunan soal tipe HOTS menurut pendidik SMA kabupaten Malang dimulai dari mengkaji Kompetensi Dasar dan indikator pencapaian kemudian merumuskan kisi-kisi soal serta kartu soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal HOTS dengan kategori soal yang memuat stimulus berupa gambar dan kategori berpikir kritis sudah banyak diaplikasikan pada soal PAT Fisika SMA vii kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018 dan prosedur penyusunan soal menurut pendidik SMA kabupaten Malang sama saja seperti penyusunan soal Non HOTS yaitu dimulai degan mengkaji Kompetensi dasar dan Indikator pencapaian kemudian merumuskan kisi-kisi dan membuat kartu soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item View Item