Pengembangan media PhyCa (Physics Card) sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi pengukuran kelas X IPA SMA / Yuliani Faturohma

Faturohma, Yuliani (2019) Pengembangan media PhyCa (Physics Card) sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi pengukuran kelas X IPA SMA / Yuliani Faturohma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Faturohma, Yuliani. 2018. Pengembangan Media Phyca (Physics Card) sebagai Media Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Pengukuran Kelas X IPA SMA. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd., (II) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D. Kata Kunci: Pembelajaran Fisika ,Pengembangan, Media Pembelajaran, Media PhyCa, Minat Belajar, Pengukuran Pembelajaran fisika di sekolah pada jaman sekarang ini sudah diterapkan dengan berbagai model dan metode yang menarik, namun siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini bisa dikarenakan pelaksanaan pembelajaran di sekolah kurang maksimal, salah satu penyebabnya adalah kurangnya waktu yang memadai untuk pembelajaran. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik secara mandiri kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan design penelitian yang digunakan adalah 4D- Models, dengan tujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan media PhyCa layak sebagai media pembelajaran mandiri pada materi pengukuran apabila telah memenuhi kriteria kelayakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi materi, angket validasi media, angket observer dan angket responden. Media PhyCa diujicobakan terbatas pada peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 1 Singosari dengan jumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PhyCa yang dikembangkan memiliki kriteria layak digunakan sebagai media belajar mandiri untuk meningkatkan minat belajar siswa. Melalui proses validasi ahli diperoleh nilai rata-rata keseluruhan untuk aspek materi adalah sebesar 3,42 (layak) dan pada aspek media sebesar 3,45 (layak). Berdasarkan angket responden peserta didik diperoleh hasil rata-rata 3,34 (layak) sehingga dapat diketahui bahwa media PhyCa dapat diterima oleh peserta didik. Berdasarkan angket observer dapat diketahui bahwa media PhyCa dapat meningkatkan minat belajar dengan melihat respon siswa, antusias siswa yang tinggi dan juga keaktifan siswa dalam menggunakan media PhyCa cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18925

Actions (login required)

View Item View Item