Pengaruh STEM pada model project based learning terhadap literasi sains kompetensi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kepanjen pada pokok materi fluidda statis / Intan Pramesti Ndadari

Ndadari, Intan Pramesti (2019) Pengaruh STEM pada model project based learning terhadap literasi sains kompetensi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kepanjen pada pokok materi fluidda statis / Intan Pramesti Ndadari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ndadari, Intan Pramesti. 2018. Pengaruh STEM pada Model Project Based Learning terhadap Literasi Sains Kompetensi Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Kepanjen pada Pokok Materi Fluida Statis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Parno, M.Si, (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd Kata Kunci: literasi sains kompetensi, model project based learning, pokok materi fluida statis, STEM Literasi sains merupakan salah satu kemampuan yang harus di kembangkan di era globalisasi khususnya untuk mempersiapkan individu memasuki dunia kerja. Data PISA menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih rendah, khususnya pada dimensi kompetensi. Salah satu model pembelajaran yang memberikan pengaruh positif terhadap literasi sains yaitu model project based learning (PjBL). Aspek STEM dapat diintegrasikan dalam tiap tahapan pada model project based learning untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam melakukan penyelidikan ilmiah dan merepresentasikan data ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM pada model project based learning terhadap literasi sains kompetensi siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kepanjen pada pokok materi fluida statis. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random cluster sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes literasi sains kompetensi berupa 11 butir soal dengan reliabilitas sebesar 0,908 kepada 68 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa lainnya sebagai kelas kontrol. Siswa pada kelas eksperimen dibelajarkan dengan menerapkan STEM pada model PjBL, sedangkan siswa pada kelas kontrol dibelajarkan dengan menerapkan model PjBL. Pada hasil pretest dan posttest dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Didapatkan hasil bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Data pretest digunakan untuk mengetahui keadaaan awal melalui uji t dua pihak tidak saling berhubungan. Didapatkan thitung= 0,371< 1,997=ttabel(0.05;66). Hasil ini menunjukkan bahwa literasi sains kompetensi kedua kelas sebelum diberi perlakuan adalah sama.Sedangkan hasil data posttest digunakan untuk menguji hipotesis melalui uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 5,513 > 1,668=ttabel(0.05;66). Didapatkan pula bahwa &#119883;&#773;ekseprimen= 87,61 > 80,33=&#119883;&#773;kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa literasi sains kompetensi siswa yang belajar dengan menerapkan STEM pada model PjBL lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model PjBL. Hasil ini disebabkan oleh penerapan tiap aspek STEM pada model PjBL memberikan siswa pengalaman yang lebih, khususnya dalam indikator mengevaluasi dan melakukan penyelidikan ilmiah pada proses pengujian proyek, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah pada proses perancangan percobaan pengujian proyek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item