Analisis kemampuan mahasiswa calon guru fisika peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) berbasis lesson study tahun 2018 dalam membuka pelajaran di Sekolah Menengah Atas Malang / Zahro'ul Aini

Aini, Zahro'ul (2019) Analisis kemampuan mahasiswa calon guru fisika peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) berbasis lesson study tahun 2018 dalam membuka pelajaran di Sekolah Menengah Atas Malang / Zahro'ul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Aini, ZahroÔÇÖul. 2018. ÔÇ£Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) Tahun 2018 dalam Membuka Pelajaran di Sekolah Menengah Atas MalangÔÇØ. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (II) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si Kata Kunci: Membuka pelajaran, kemampuan guru profesional, lesson study. Pada perkembangan kurikulum 2013 pembelajaran fisika di kelas diamanatkan menggunakan pendekatan saintifik 5M. Membuka pelajaran merupakan salah satu kemampuan profesional yang penting karenanya perlu direncanakan, dilaksanakan, dan direfleksi dengan baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam membuka pelajaran dengan menggunakan pendekatan desktiptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto. Jenis ex-postfacto digunakan untuk mendapatkan data yang telah terjadi dengan cara merunut kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut tanpa memberi perlakuan pada subyek yang diteliti. Instrument penelitian berupa angket, pedoman wawancara, pedoman penilaian produk RPP, video pembelajaran, dan lembar refeksi lesson study. Instrument divalidasi oleh ahli lalu digunakan oleh tim penilai (raters) untuk menilai produk-produk sumber data sesuai indikator-indikator yang ada. Fokus dalam penelitian ini adalah kemampuan dalam membuka pelajaran. Kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam membuka pelajaran diperoleh dari rata-rata skor 3 aspek, yaitu dalam merencanakan kegiatan membuka pelajaran, melaksanakan kegiatan membuka pelajaran, dan merefleksi kegiatan membuka pelajaran yang direpresentasikan dalam 26 indikator penilaian. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan merencanakan membuka pelajaran sangat baik, kemampuan melaksanakan membuka pelajaran baik, dan kemampuan merefleksi kegiatan membuka pelajaran baik. Dengan begitu dapat disimpulkan kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam membuka pelajaran adalah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18923

Actions (login required)

View Item View Item