Pengaruh model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan aplikasi edmodo terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI SMA / Muhammad Taufiqurrahman Amir

Amir, Muhammad Taufiqurrahman (2019) Pengaruh model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan aplikasi edmodo terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI SMA / Muhammad Taufiqurrahman Amir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Amir, Muhammad Taufiqurrahman. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Level Of Inquiry-Interactive Demonstration Berbantuan Aplikasi Edmodo terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd., (II) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D. Kata Kunci: Level Of Inquiry-Interactive Demonstration Berbantuan Aplikasi Edmodo, Motivasi Belajar Fisika, Prestasi Belajar Fisika Pembelajaran kurikulum 2013 ditujukan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar dapat memecahkan suatu permasalahan. Model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration dirancang dengan tujuan untuk membantu peserta didik menjelaskan, membuat prediksi, dan memecahkan masalah serta mampu memberikan pengalaman belajar secara langsung melalui kegiatan praktikum. Peserta didik harus aktif menggali informasi dan tidak menganggap guru sebagai satu-satunya sumber informasi dan pengetahuan. Untuk itu pembelajaran berbantuan aplikasi edmodo tepat digunakan untuk membantu peserta didik untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memperoleh informasi dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan aplikasi edmodo dibandingkan dengan model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika peserta didik XI SMA Negeri 1 Gondanglegi tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperiment designs dengan desain penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Instrumen penelitian terdiri dari silabus, RPP level of inquiry-interactive demonstration berbantuan aplikasi edmodo dan level of inquiry-interactive demonstration, LKPD, observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi belajar fisika dan tes prestasi belajar fisika. Teknik analisis data dilakukan dengan uji paired samples t-test, uji wilcoxon w-test, dan uji mann-whitney u-test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan motivasi dan prestasi belajar fisika antara kelompok yang diberi pembelajaran model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan aplikasi edmodo dan model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration ditunjukkan hasil uji paired samples t-test dan Wilcoxon w-test sebesar 0,000 < 0,05 (taraf signifikan: 0,05) dan hasil uji mann-whitney u-test pada motivasi dan prestasi belajar fisika diperoleh secara berturut-turut sebesar 0,051 &#8804; 0,05 dan 0,002 < 0,05 (taraf signifikan: 0,05). Kelebihan model pembelajaran level of inquiry-interactive demonstration berbantuan aplikasi edmodo tercermin pada sintak pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik menjelaskan dan membuat prediksi yang memungkinkan guru mengindentifikasi serta menyelesaikan konsepsi awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18922

Actions (login required)

View Item View Item