Pengaruh STEM pada model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lumajang pada pokok materi fluida statis / Siti Nurazizah

Nurazizah, Siti (2019) Pengaruh STEM pada model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lumajang pada pokok materi fluida statis / Siti Nurazizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Nurazizah, Siti. 2018. ÔÇ£Pengaruh STEM pada Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lumajang pada Pokok Materi Fluida StatisÔÇØ. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si, (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd. Kata Kunci: STEM-Project Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Fluida Statis Pemecahan masalah yang berkaitan dengan fluida statis masih seringkali menjadi kendala. Pembelajaran fisika umumnya lebih menekankan penguasaan konsep dibandingkan dengan pemecahan masalah. Salah satu model yang dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah Project Based Learning. Integrasi STEM pada Project Based Learning digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam beberapa aspek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh STEM-Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lumajang pada pokok materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu oleh guru. Kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar dengan model STEM-Project Based Learning dan kelas kontrol belajar dengan model Project Based Learning. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan 11 soal kemampuan pemecahan masalah dengan reliabilitas 0,786. Data penelitian dianalisis dengan uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan STEM-Project Based Learning memiliki rata ÔÇô rata kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi yaitu 60 dibandingkan dengan rata ÔÇô rata siswa yang belajar dengan model Project Based Learning yaitu 52. Hasil ini diuji dengan menggunakan uji-t satu ekor dengan thitung = 3.278 > ttabel = 1.672. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan STEM-Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan Project Based Learning. Hasil ini diperoleh karena pembelajaran STEM-Project Based Learning dalam setiap tahapannya kaya akan proses pemecahan masalah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STEM-Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Lumajang pada pokok materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18921

Actions (login required)

View Item View Item