Pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas X SMA Al-Izzah Kota Batu / Radiah Iryanti

Iryanti, Radiah (2019) Pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas X SMA Al-Izzah Kota Batu / Radiah Iryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Iryanti, Radiah. 2018. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Sma Al-Izzah Kota Batu. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Asim, M. Pd., (II) Dr. Supriyono Koes H, M.Pd., M.A. Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kemampuan berpikir kritis dan analitis merupakan salah satu keterampilan yang wajib dimiliki oleh peserta didik pada abad ke-21 ini. Salah satu cara untuk melatih keterampilan tersebut adalah menggunakan model pembelajaran yang dapat mendukung peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis yang merepresentasikan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu model pembelajaran yang cocok adalah Learning Cycle 5E. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA Al-Izzah Kota Batu. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Izzah Kota Batu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan cluster random sampling yaitu pemilihan sampel kelas secara acak. Sampel pada penelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir tingkat tinggi diukur menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 14 butir soal. Instrumen terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas (koefisien reliabilitas=0,834), taraf kesukaran (1 soal sulit dan 13 soal sedang), dan daya beda (10 butir soal baik dan 4 butir soal jelek). Hasil tes dilakukan uji prasyarat menggunakan uji normalitas liliefors dan uji homogenitas F. Selanjutnya dilakukan uji kesamaan rata-rata data pretest menggunakan uji two tailed t-test dan uji hipotesis data posttest menggunakan uji one tailed t-test Berdasarkan hasil analisis data penelitian posttest yang telah dilakukan, didapatkan bahwa data terdistribusi normal, mempunyai varians homogen serta nilai thitung (3,259) > ttabel (1,678). Skor rata-rata posttest kelas ekperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol, skor rata rata untuk kelas eksperimen adalah (72,54) sedangkan skor rata-rata untuk kelas control adalah (61,17). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Learning Cycle 5E berpengaruh pada kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dibelajarkan dengan model Learning Cycle 5E lebih tinggi dari pada peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item View Item