Analisis penguasaan konsep fisika dan kemampuan representasi siswa pada kinematika gerak lurus dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan multirepresentasi / Bilqis - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep fisika dan kemampuan representasi siswa pada kinematika gerak lurus dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan multirepresentasi / Bilqis

Bilqis (2019) Analisis penguasaan konsep fisika dan kemampuan representasi siswa pada kinematika gerak lurus dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan multirepresentasi / Bilqis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Bilqis. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Representasi Siswa pada Kinematika Gerak Lurus dengan Pembelajaran yang Menggunakan Pendekatan Multirepresentasi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (2) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Multirepresentasi Penguasaan Konsep Kemampuan Representasi Kinematika Gerak Lurus Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami konsep kinematika gerak lurus dan menerapkannya untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Kesulitan tersebut diantaranya adalah saat memahami karakteristik besaran gerak lurus dan dalam menafsirkan suatu gerakan yang disajikan melalui diagram tabel persamaan matematis grafik dan verbal. Upaya untuk membantu siswa memahami konsep kinematika gerak lurus dengan baik dan memecahkan masalah dalam multirepresentasi adalah pembelajaran dengan pendekatan multirepresentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan Embeded Experimental Design model One-Group Pretest Posttest Design. Subjek peneitian adalah siswa SMAN 2 Malang kelas X MIPA 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest yaitu berdasarkan uji t berpasangan sig 0 000. Rata-rata nilai N-gain kelas yaitu bernilai 0 47 dengan kategori peningkatan medium atas dan efektifitas pembelajaran dianalisis melalui perhitungan d-effect size yaitu bernilai 1 58 dengan kategori sangat besar sehingga pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada kinematika gerak lurus. Secara umum total jumlah representasi yang dibuat siswa meningkat secara signifikan dari pretest ke posttest. Kualitas reperesentasi yang masih berada di level missing menurun dari pretest ke posttest sedangkan yang berada di level adequate meningkat dari pretest ke posttest. Kesulitan yang masih dialami oleh siswa setelah pembelajaran ini adalah (1) mengubah pemahaman grafik menjadi verbal dan (2) memahami karakteristik besaran vektor dan skalar pada gerak lurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

View Item View Item