Widyaningrum, Anggraini Ayu (2019) Analisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL (Kajian Praktik Lapangan) berbasis lesson study tahun 2018 dalam melakukan penilaian autentik di SMA Malang / Anggraini Ayu Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Widyaningrum Anggraini Ayu. 2018. Analisis Kemampuan Mahasiswa Fisika Peserta KPL (Kajian Praktik Lapanagn) Berbasis Lesson Study Tahun 2018 Dalam Melakukan Penilaian Autentik Di SMA Malang . Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd M.Si (II) Dr. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci Kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL Lesson Study melakukan penilaian autentik. Pada proses pembelajaran selama KPL di sekolah mahasiswa fisika peserta KPL cenderung menekankan pada proses pelaksanaan lesson study yang hanya mencakup pengelolaan kelas saja dan mengesampingkan kemampuan dalam melakukan penilaian autentik selama proses pembelajaran. Calon guru lebih menitikberatkan pada proses kinerja tanpa memahami tuntutan KD pada materi yang akan disampaikan di kelas sehingga dibutuhkan suatu kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam melakukan suatu penilaian yang berbasis lesson study yang meilputi proses merencanakan proses melaksanakan dan proses merefleksi yang akan memberikan suatu proses pembelajaran bermakna dan feedback yang mengarah terhadap proses evaluasi dan perbaikan terhadap setiap karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Dari permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL (Kajian Praktik Lapanagan) berbasis lesson study tahun 2018 dalam melakukan penilaian autentik di SMA Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fisika peserta KPL II gelombang sebanyak 90 mahasiswa pendidikan fisika. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan berpedoman pada kriteria sekolah tempat KPL berdasarkan hasil PPDB Malang tahun 2015/2016 dengan kategori sekolah tinggi sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian produk berupa rpp video dan refleksi serta wawancara. Jumlah sampel untuk instrumen angket adalah 44 mahasiswa untuk instrumen penilaian produk rpp dan lembar reflekse lesson study adalah 42 mahasiswa dan untuk instrumen penilaian produk video dan wawancara adalah 16 mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menarasikan hasil dari analisis persentase dalam proses merencanakan melaksanakan dan merefleksi penilaian autentik. Berdasarkan hasil analisis para rater didapatkan hasil kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam merencanakan penilaian autentik mempunyai skor berdasarkan hasil angket adalah 89 2 dengan kategori sangat baik dan berdasarkan hasil analisis produk RPP mempunyai skor 83 6 dengan kategori sangat baik sedangkan berdasarkan gabungan antara angket dan produk RPP didapatkan skor 86 4 dengan kategori sangat baik. Kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam melaksanakan penilaian autentik mempunyai skor vii berdasarkan hasil angket adalah 86 9 dengan kategori sangat baik dan berdasarkan hasil analisis produk video mempunyai skor 62 4 dengan kategori baik sedangkan berdasarkan gabungan antara angket dan produk video didapatkan skor 74 7 dengan kategori baik. Kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam merefleksi penilaian autentik mempunyai skor berdasarkan hasil angket adalah 55 1 dengan kategori cukup baik dan berdasarkan hasil analisis refleksi mempunya skor 14 9 dengan kategori tidak baik sedangkan berdasarkan gabungan antara angket dan refleksi didapatkan skor 35 dengan kategori kurang baik. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL dalam melakukan penilaian autentik di SMA Malang diperoleh rata-rata sebesar 65 4 % dan dapat dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18916 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |