Analisis kemampuan mahasiswa fisika peserta matakuliah Kajian Praktik Lapangan (KPL) berbasis lesson study tahun 2018 dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok di SMA Malang / Ari Dhinansah Herdhiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan mahasiswa fisika peserta matakuliah Kajian Praktik Lapangan (KPL) berbasis lesson study tahun 2018 dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok di SMA Malang / Ari Dhinansah Herdhiyani

Herdhiyani, Ari Dhinansah (2019) Analisis kemampuan mahasiswa fisika peserta matakuliah Kajian Praktik Lapangan (KPL) berbasis lesson study tahun 2018 dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok di SMA Malang / Ari Dhinansah Herdhiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herdhiyani A. D.. 2018. Analisis Kemampuan Mahasiswa Fisika Peserta Matakuliah Kajian Praktik Lapangan (KPL) Berbasis Lesson Study Tahun 2018 dalam Memfasilitasi Pembelajaran Kelompok di SMA Malang. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sugiyono S. Pd. M. Si. (2) Dr. Endang Purwaningsih M. Si. Kata Kunci kemampuan mahasiswa fisika peserta mata kuliah KPL lesson study memfasilitasi pembelajaran kelompok Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menerapkan pembelajaran kelompok. Selain itu pembelajaran saat ini dituntut untuk menerapkan pembelajaran kelompok. Tetapi guru masih enggan untuk menerapkan praktik ini di kelas. Hal ini disebabkan karena tantangan yang ditimbulkan saat mengontrol pembelajaran oleh guru dan kurangnya pemahaman tentang bagaimana menerapkan pembelajaran kelompok. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan mahasiswa fisika peserta matakuliah Kajian Praktik Lapanagan (KPL) berbasis lesson study tahun 2018 dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok di SMA Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fisika peserta matakuliah KPL tahun 2018. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian produk berupa rpp video dan refleksi serta wawancara. Jumlah sampel angket adalah 44 mahasiswa penilaian produk rpp dan lembar refleksilesson study adalah 42 mahasiswa dan penilaian produk video dan wawancara adalah 16 mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan mahasiswa fisika dalam memfasilitasi pembelajaran kelompok adalah 58% dengan kategori cukup. Kemampuan mahasiswa fisika dalam merencanakan pembelajaran kelompok adalah 74% dengan kategori baik. Kemampuan mahasiswa fisika dalam melaksanakan pembelajaran kelompok adalah 57% dengan kategori cukup. Kemampuan mahasiswa merefleksi pembelajaran kelompok adalah 49% dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18915

Actions (login required)

View Item View Item