Pengembangan modul fisika berbantuan "Lectora Inspire 17" untuk menganalisis besaran pada gerak lurus bagi siswa Kelas X SMA / Alfi Hurotul Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul fisika berbantuan "Lectora Inspire 17" untuk menganalisis besaran pada gerak lurus bagi siswa Kelas X SMA / Alfi Hurotul Firdaus

Firdaus, Alfi Hurotul (2019) Pengembangan modul fisika berbantuan "Lectora Inspire 17" untuk menganalisis besaran pada gerak lurus bagi siswa Kelas X SMA / Alfi Hurotul Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Hurotul F Alfi. 2018. Pengembangan Modul Fisika Berbantuan Lectora Inspire 17 Untuk Menganalisis Besaran Pada Gerak Lurus Bagi Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Edi Supriana M.Si. (II)Nugroho Adi Pramono S.Si M.Sc. Kata kunci Bahan Ajar Kemajuan Teknologi Modul Fisika Seorang guru harus memiliki pegangan bahan ajar dan media bantu media bantu dapat berupa modul buku teks video media berbasis komputer internet dan lain-lain. Kemajuan teknologi yang pesat membuat peserta didik dapat dengan mudah menemukan materi yang di butuhkan dengan membuka internet namun hal tersebut tidak menjamin siswa tidak mengakses situs lainya misalnya social media. Oleh karena itu guru perlu memiliki bahan ajar yang bisa di operasikan oleh siswa dan sesuai dengan perkembangan zaman lengkap dan praktis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa modul yang lengkap sesuai kurikulum yang berlaku praktis bisa di operasikan pada laptop dan smartphone sehingga teknologi yang sedang berkembang dapat di manfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran. Modul yang dikembangkan melalui beberapa tahap validasi yakni validasi oleh ahli media dan ahli materi serta di uji cobakan pada peserta didik kelas X SMA. Model pengembangan modul fisika ini menggunakan ADDIE (Analysis Design Development and Implementation Evaluation). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Desain uji coba yang digunakan dalam pengembangan modul fisika ini adalah eksperimental. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif persentase sedangkan data kualitatif yang berupa kritik dan saran dapat langsung ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data validasi oleh ahli dan uji coba terbatas dapat disimpulkan bahwa modul yang dihasilkan layak berdasarkan hasil validasi ahli media mendapat rata-rata 3 4 dimana dalam tabel ke validan dalam kategori valid dan tidak perlu revisi begitu juga dengan hasil berdasarkan ahli materi rata-rata yang diperoleh sebesar 3 35 dimana dalam kategori ke validan termasuk valid dan tidak perlu revisi. Untuk hasil dari uji coba terbatas mendapatkan rata-rata sebesar 3 7 dalam tabel ke praktisan nilai tersebut termasuk praktis dan tidak perlu revisi. Dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa modul fisika berbantuan Lectora Inspire 17 untuk menganalisis besaran gerak lurus pada siswa kelas X SMA ini layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran maupun belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18914

Actions (login required)

View Item View Item