Analisis penguasaan konsep gerak lurus siswa Kelas X SMA dalam pembelajaran fisika dengan modeling instruction terintegrasi formative-authentic e-assessment / Lelita Noviandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penguasaan konsep gerak lurus siswa Kelas X SMA dalam pembelajaran fisika dengan modeling instruction terintegrasi formative-authentic e-assessment / Lelita Noviandari

Noviandari, Lelita (2019) Analisis penguasaan konsep gerak lurus siswa Kelas X SMA dalam pembelajaran fisika dengan modeling instruction terintegrasi formative-authentic e-assessment / Lelita Noviandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Noviandari Lelita. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Gerak Lurus Siswa Kelas X SMA dalam Pembelajaran Fisika dengan Modeling Instruction terintegrasi Formative-Authentic E-Assessment. Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SentotKusairi M.Si. (II) Dr. Parno M.Si. Kata kunci penguasaaan konsep modeling instruction formative-authentic e-assesment gerak lurus Gerak lurus merupakan materi dasar yang penting dan banyak digunakan pada materi fisika selanjutnya. Penelitian menemukan bahwa siswa masih menemui kesulitan dan mengalami miskonsepsi dalam mempelajari gerak lurus. Upaya untuk mengatasi kesulitan siswa pada materi gerak lurus yaitu dengan meningkatkan penguasaan konsep siswa yang dapatdilakukan melalui penerapan model pembelajaran yang tepat dan teknik asesmen yang dapat mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi gerak lurus. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Modeling Instruction terntegrasi Formative-Authentic E-Assessment. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa pada materi gerak lurus dalam pembelajaran Modeling Instruction terintegrasi Formative-Authentic E-Assessment. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian mix method dimana rancangan penelitian ini menerapkan pengumpulan dan pencampuran atau penggabungan data kuantitatif dan data kualitatif. Desain rancangan mix method yang digunakan adalah embedded design. Embedded design memungkinkan peneliti untuk melekatkan data kualitatif dalam data kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang dengan subjek sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 20 perempuan dan 14 laki-laki. Instrumen yang digunakan berupa butir soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas sebesar 0 814. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Modeling Instruction terintegrasi Formative-Authentic E-Assessment secara signifikan meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan nilai rata-rata pretest sebesar 30 56 dan posttest sebesar 60 13. Besar peningkatan penguasaan konsep siswa termasuk dalam medium bawah atau sedang (N-gain 0 401) dengan kekuatan dampak perlakuan termasuk dalam katagori besar sekali dari standar atau dampak yang kuat (d effect size 1 902). Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan kesulitan yang dialami siswa pada materi gerak lurus selama pembelajaran dengan Modeling Instruction terintegrasi Formative-Authentic E-Assessment yaitu kesulitan dalam1) membedakan antara kecepaan dan percepatan 2) mengitrepretasikan grafik dan diagram gerak benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18913

Actions (login required)

View Item View Item