Puspithasari, Liya (2019) Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan teknik probing prompting terhadap penguasaan konsep gerak lurus / Liya Puspithasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Puspithasari Liya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan Teknik Probing Prompting terhadap Penguasaan Konsep Gerak Lurus.Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (2) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Teknik Probing Prompting Penguasaan Konsep Gerak Lurus. Pembelajaran Model POE adalah model pembelajaran yang dimulai dengan menghadapkan siswa pada permasalahan selanjutnya siswa membuat prediksi (predict) kemudian melakukan kegiatan observasi untuk membuktikan prediksi (observe) dan menjelaskan kesesuaian antara prediksi dan hasil observasi kemudian memberikan penjelasan mengapa hal tersebut terjadi (explain). Teknik probing-prompting adalah teknik yang digunakan dalam pembelajaran dengan cara guru mengajukan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menggali dan menuntun sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan awal siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang dipelajari. Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan teknik probing-prompting merupakan model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada siswa dan peran guru sebagai fasilitator dengan pertanyaan yang menggali untuk menghubungkan pengetahuan yang sudah dimiliki dengan pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran POE dengan teknik probing-promptingterhadap penguasaan konsep gerak lurus. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi-experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Singosari semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Sampel terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Kelas eksperimen belajar dengan menerapkan model POE dengan teknik probing-prompting sedangkan kelas kontrol menerapkan model konvensional. Instrumen penelitian ini terdiri atas silabus RPP LKS 15 soal penguasaan konsep dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Peningkatan penguasaan konsep gerak lurus diuji menggunakan n-gain dan besar pengaruh model POE dengan teknik probing-prompting diuji menggunakan d-effect size. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan teknik probing prompting berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep gerak lurus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |