Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berbantuan edmodo terhadap interaksi dan prestasi belajar peserta didik SMA / Lailatul Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berbantuan edmodo terhadap interaksi dan prestasi belajar peserta didik SMA / Lailatul Masruroh

Masruroh, Lailatul (2019) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berbantuan edmodo terhadap interaksi dan prestasi belajar peserta didik SMA / Lailatul Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masruroh Lailatul.2018. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Edmodo Terhadap Interaksi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Sma. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi M.Pd (2) Drs. Purbo Suwasono M.Si Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Edmodo Interaksi Prestasi Belajar. Interaksi sosial peserta didik masih sangat lemah karena banyak dari peserta didik yang ingin menang sendiri merasa rendah diri dan tidak mampu melaksanakan tugas. Proses pembelajaran di kelas mempengaruhi interaksi dan prestasi belajar peserta didik yang mencerminkan keberhasilan atau kegagalan. Numbered Head Together (NHT) merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas. Berkembangnya teknologi pembelajaran dapat dilakukan dengan e-learning edmodo hadir dengan fitur-fitur yang sangat mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berbantuan Edmodo terhadap interaksi dan prestasi belajar peserta didik SMA pada materi fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian esksperimen semu (quasy eksperiment desaign). Bentuk rancangan penelitian berupa Posttest Only Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh sampel pada kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan one-tailed diperoleh nilai signifikas sebesar 0 000 0 05 pada interaksi dan signikansi sebesar 0 0025 0 05 pada prestasi belajar. Interaksi peserta didik yang belajar menggunakan Number Head Together berbantuan Edmodo lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional begitupun pada prestasi belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item View Item