Analisis penguasaan konsep gerak parabola siswa Kelas X MIPA 3 yang belajar dengan modeling instruction disertai formative-authentic e-assessment / Siti Imtinan

Imtinan, Siti (2019) Analisis penguasaan konsep gerak parabola siswa Kelas X MIPA 3 yang belajar dengan modeling instruction disertai formative-authentic e-assessment / Siti Imtinan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imtinan, Siti. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Gerak Parabola Siswa Kelas X MIPA 3 yang Belajar dengan Modeling Instruction disertai Formative- Authentic E-assessment. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M. Si (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si. Kata kunci: penguasaan konsep gerak parabola, modeling instruction, formativeauthentic e-assessment. Gerak parabola merupakan salah satu konsep penting dalam fisika. Namun, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa peneliti masih banyak siswa yang kesulitan dalam menguasai konsep ini, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep materi gerak parabola pada siswa kelas X dengan modeling instruction disertai formativeauthentic e-assessment. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mix method dengan desain embedded experimental. Penelitian melibatkan 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan dari SMA Negeri 2 Malang. Instrumen pengukuran pada penelitian ini berupa 9 soal pilihan ganda beralasan. Data yang diperoleh pada penelitian ini akan dianalisis secara kuantitatif dengan statistik deskriptif, uji beda, N-gain dan d-effect size sedangkan alasan jawaban siswa akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-gain sebesar 0,50 (medium atas) dan effect size sebesar 2,09 dengan kategori lebih besar sekali dari standart. Hal ini menunjukkan bahwa modeling instruction disertai formative-authentic eassessment dapat meningkatkan penguasaan konsep gerak parabola siswa. Ditemukan beberapa kesulitan yang masih dialami siswa yaitu dalam menggambarkan arah percepatan setiap saat benda yang bergerak dengan lintasan parabola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18910

Actions (login required)

View Item View Item