Kemanjuran relaksasi otot dan time management untuk menurunkan stres belajar siswa akselerasi di asrama MAN Malang 1 / Mawar Wilanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemanjuran relaksasi otot dan time management untuk menurunkan stres belajar siswa akselerasi di asrama MAN Malang 1 / Mawar Wilanti

Wilanti, Mawar (2012) Kemanjuran relaksasi otot dan time management untuk menurunkan stres belajar siswa akselerasi di asrama MAN Malang 1 / Mawar Wilanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Relaksasi Otot Time Management Stres Belajar. Stres secara umum merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia bahkan stres merupakan bagian dari kehidupan. Orang harus tergesa- gesa bangun membereskan PR lupa atau tidak sempat untuk sarapan berlari untuk mengejar kendaraan umum sekolah atau aktifitas berkonflik dengan teman atau orang lain dan lain-lain. Itu semua dapat memunculkan stres. Stres merupakan keadaan yang menuntut pola respon individu karena hal tersebut mengganggu keseimbangannya. Stres Lazarus dan Folkman (1984) diartikan sebagai reaksi fisik dan psikologis terhadap tuntutan hidup yang membebani kehidupan seseorang dan akan mengganggu kesejahteraan hidupnya (dalam Smith 1993). Salah satu kelompok pelajar yang memiliki tingkat stres yang tinggi adalah siswa akselerasi MAN Malang 1. Stres yang dialami oleh siswa berpengaruh terhadap prestasi belajarnya serta munculnya perilaku yaitu pikiran negatif terhadap belajar pemarah cemas tidak percaya diri (PD) pemalu agresif dan tertutup. Selain itu mereka juga sering merasa kelelahan karena pola full day school yang diterapkan sehingga mereka kurang waktu untuk istirahat. Beban pelajaran anak- anak yang sangat padat banyak tugas pekerjaan rumah yang harus dibawa pulang dan adanya harapan serta tuntutan dari guru dan orang tua yang berlebihan membuat mereka mengalami stres belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemanjuran relaksasi otot dan time management untuk menurunkan stres belajar siswa di asrama MAN Malang 1. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian sebanyak 6 orang adalah siswa akselerasi kelas XI MAN Malang 1 dengan tingkat stres belajar tinggi. Penelitian ini menggunakan inventori stres belajar yang merupakan hasil adopsi dari disertasi Farida Aryani. Panduan pelaksanaan relaksasi otot dan time management yang digunakan dalam penelitian ini telah dikonsultasikan dan disimulasikan kepada pembimbing. Hasilnya menunjukkan dinilai pantas efektif dan berguna. Kegiatan penelitian diawali dengan pemberian pretest. Pretest diberikan untuk mengetahui tingkat stres belajar yang dimiliki siswa sebelum pelaksanaan treatment. Treatment diberikan dalam rangkaian konseling kelompok dengan enam kali jumlah pertemuan yang masing- masing berdurasi 40menit setiap pertemuannya. Rangkaian kegiatan penelitian ditutup dengan pemberian posttest dengan memberikan kembali inventori stres belajar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat stres belajar yang dimiliki siswa pasca treatment. i ii Hasil eksperimen lapangan menunjukkan bahwa relaksasi otot dan time management manjur untuk menurunkan stres belajar siswa akselerasi kelas XI MAN Malang 1 khususnya yang tinggal di asrama. Data penelitian ini dianalisis dengan metode statistik non parametrik Uji Wilcoxon. Hasil analisis Uji Wilcoxon subyek penelitian menunjukkan nilai Exact.Sig. (2-tailed)/significance untuk uji dua sisi adalah 0.027(di bawah 0.05) sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan.Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja diterima ada perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada subyek penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa treatment relaksasi dan time management manjur untuk menurunkan stres belajar pada siswa akselerasi MAN Malang 1 khususnya yang tinggal di asrama. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan oleh konselor sekolah untuk membantu siswa menurunkan stres belajar yang dialami dengan menggunakan teknik relaksasi otot dan time management dengan terlebih dahulu memperhatikan beberapa hal- hal seperti kesiapan konselor kesiapan siswa dan ketersediaan waktu (banyaknya frekuensi pertemuan konseling)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item