Pengembangan modul pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis untuk Kelas X SMK / Mila Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis untuk Kelas X SMK / Mila Mufida

Mufida, Mila (2018) Pengembangan modul pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis untuk Kelas X SMK / Mila Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Mufida Mila.2017.Pengembangan Modul Pembalajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Statis untuk kelas X SMK .Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Hartoyo M.Pd (2) Sujito S.Pd M.Si. Kata Kunci Bahan ajar fisika Modul fluida Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk membatu kelancaran proses pembelajaran fisika pokok bahasan Fluida Statis adalah bahan ajar yang mudah dipahami dimengerti dan dapat mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Modul pembelajaran individual merupakan media yang paling tepat untuk membantu siswa belajar secara mandiri.. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan produk modul pembelajaran fisika pokok bahasan fluida statis untuk kelas X SMK (2) untuk Menghasilkan modul pembelajaran individual yang memiliki spesifikasi yang memenuhi kriteria sebagai media yang layak dalam pembelajaran fisika untuk kelas X SMK. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Langkah penelitian pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini mengunakan model Dick and Carey empat karekteristik yang harus dimiliki oleh setiap model pengembangan instruksional yaitu 1) mendesain 2) mengembangkan 3) mengimplementasi dan 4) mengevaluasi.. Penelitian ini menggunakan uji kelayakan (validasi) oleh 1 orang dosen. Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket. Jenis data penelitian terdiri dari data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dapat diketahui berdasarkan skala 1-4 dengan 4 angka tertinggi (layak). Berdasarkan analisis data kuantitatif dari validator menggunakan teknik rata-rata diketahui bahan ajar memiliki rata-rata kelayakan sebesar 3 1 yang berarti dalam kriteria layak. Dengan demikian modul pembelajaran fisika pokok bahasan Fluida Statis valid dan layak digunakan untuk mendukung pelajaran fisika. Produk akhir penelitian ini merupakan Modul Pembelajaran pokok bahasan Fluida statis untuk siswa SMK kelas X. Secara keseluruhan produk akhir yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak. Berdasarkan analisis data kualitatif dari validator terdapat beberapa bagian produk yang harus direvisi. Meskipun bahan ajar ini perlu diuji secara empirik dengan cara menerapkan bahan ajar dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18908

Actions (login required)

View Item View Item