Analisis scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa yang belajar materi momentum dan impuls berbasis scientific approach disertai formative assessment berbantuan web / Sri Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa yang belajar materi momentum dan impuls berbasis scientific approach disertai formative assessment berbantuan web / Sri Rahmawati

Rahmawati, Sri (2018) Analisis scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa yang belajar materi momentum dan impuls berbasis scientific approach disertai formative assessment berbantuan web / Sri Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Sri. 2018. Analisis Scientific Reasoning dan Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Materi Momentum dan Impuls Berbasis Scientific Approach disertai Formative Assessment Berbatuan Web. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot kusairi S.Pd M.Si (II) Prof. Dr. Sutopo M.Si. Kata Kunci Scientific Reasoning Penguasaan Konsep Scientific Approach dan Formative Assesment Scientific reasoning merupakan keterampilan menalar yang dibutuhkan siswa agar menguasai konsep dengan baik. Akan tetapi penelitian menemukan scientific reasoning sebagian siswa masih rendah sehingga sulit menangkap suatu ide abstrak ke dalam contoh yang lebih riil. Scientific reasoning yang rendah merupakan faktor penyebab rendahnya penguasaan konsep siswa. Salah satu materi yang masih banyak ditemukan kesalahpahaman konsep yaitu momentum dan impuls. Penelitian ini berupaya memperbaiki scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran berbasis scientific approach disertai formative assessment berbantuan web. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah menganalisis scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran berbasis scientific approach disertai formative assessment berbantuan web. Penelitian menggunakan metode mixed methods desain embedded experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Malang yang terdiri dari 38 siswa. Data penelitian ini terbagi menjadi dua data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi catatan lapangan dan dokumentasi selama pembelajaran serta wawancara. Instrumen pengukuran scientific reasoning menggunakan modification lawson classroom test scientific reasoning (MLCTSR) dan instrument pengukuran penguasaan konsep yang diadaptasi dari energy and momentum conceptual survey (EMCS). Data dianalisis dengan paired sample t-test d-effect size dan rata-rata N-gain. Data kualitatif dianalisis dengan cara reduksi data coding deskrpsi dan interprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Berbasis Scientific Approach Disertai Formative Assessment Berbatuan Web dapat meningkatkan scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa yang belajar materi momentum dan impuls dengan hasil t-test didapatkan nilai yang signifikan (p 0 00 0 05) antara skor pretest dan posttest. Kekuatan dampak atau keefektivan pembelajaran terhadap scientific reasoning dan penguasaan konsep siswa dilakukan perhitungan d-effect size. Nilai d-effect size untuk scientific reasoning siswa sebesar 1 14 yang termasuk dalam kategori tinggi dan penguasaan konsep siswa sebesar 1 3 termasuk dalam kategori tinggi. Untuk mengetahui besar peningkatan scientific reasoning siswa dan penguasaan konsep siswa dihitung dengan menggunakan N-gain. Nilai N-gain untuk scientific reasining diperoleh sebesar 0 30 dan untuk penguasaan konsep nilai N-gain diperoleh sebesar 0 33 yang termasuk kategori medium bawah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18906

Actions (login required)

View Item View Item