Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X-IPA MAN Batu materi momentum impuls / Adib Fawaid Kurniansyah

Kurniansyah, Adib Fawaid (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X-IPA MAN Batu materi momentum impuls / Adib Fawaid Kurniansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniansyah Adib Fawaid. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM (Science Technology Engineering Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X-IPA MAN Batu. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (2) Dr. Wartono M.Pd Kata Kunci Hasil belajar kognitif PBL STEM Fisika merupakan mata pelajaran yang diberikan pada jenjang SMA yang penting untuk dipelajari karena dapat membantu manusia untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Mata Pelajaran Fisika merupakan sebuah sarana untuk mengembangkan dan melatih siswa agar menguasai pengetahuan konsep dan prinsip memiliki kecakapan ilmiah dan ketrampilan berpikir. Pembelajaran Fisika harus dilaksanakan dengan baik dan semaksimal mungkin agar siswa mudah dalam menerima konsep-konsep Fisika dan dapat diperoleh hasil yang optimal. Dengan demikian belajar fisika selain pemahaman terhadap konsep hasil juga ditekankan pada pentingnya mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Hasil belajar siswa perlu dioptimalkan. Salah satu hasil belajar yang perlu dioptimalkan adalah hasil belajar kognitif. Oleh karena itu seorang guru perlu memilih model pembelajaran yang mengakomodasi meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut penyelesaian yang dapat diajukan adalah dengan model Problem Based Learning (PBL). Model PBL menekankan pada kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dalam kehidupan nyata. Model PBL yang diterapkan berpeluang meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Pre test Post test control Group Desain. Populasi penelitian seluruh kelas X IPA MAN Batu. Sampel penelitian adalah kelas X IPA-5 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBL berbasis STEM dan X IPA-1 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional yang masing-masing kelas terdiri atas 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Batu pada materi Momentum Impuls semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa diukur dengan menggunakan tes essay. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil pre test dan post test selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan Peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model PBL berbasis STEM lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi momentum impuls. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas yang menggunakan model PBL berbasis STEM termasuk kriteria tinggi. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada kelas yang menggunakan model konvensional termasuk kriteria sedang. Dengan demikian potensi PBL berbasis STEM ini hendaknya dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah terutama pada pembelajaran Fisika. Pengaruh model PBL perlu diteliti pada jenjang yang berbeda karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18905

Actions (login required)

View Item View Item