Analisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa pendidikan fisika peserta kajian praktik lapangan semester gasal tahun akademik 2017/2018 Universitas Negeri Malang / Nanang Saiful Ma'arif

Ma'arif, Nanang Saiful (2018) Analisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa pendidikan fisika peserta kajian praktik lapangan semester gasal tahun akademik 2017/2018 Universitas Negeri Malang / Nanang Saiful Ma'arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN MaÔÇÖarif, Nanang Saiful. 2018 Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Pendidikan Fisika Peserta Kajian Praktik Lapangan Semester Gasal Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto, S.Pd, M.Si, (II) Dr. H. Wartono, M.Pd. Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge, mahasiswa peserta KPL, RPP Guru merupakan sosok yang memegang peran utama dalam menentukan keberhasilan peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Sebagai agen perubahan (the agent of change), mahasiswa calon guru harus terus mengembangkan proses mengajarnya dikelas serta mengasah kemampuannya dalam membuat desain pembelajaran, salah satunya dengan memahami Pedagogical Content Knowledge (PCK). Pedagogical Content Knowledge (PCK) terdiri dari dua komponen yang saling berhubungan, yaitu Pedagogical Knowledge (PK) dan Content Knowledge (CK). Mahasiswa calon guru Fisika diwajibkan untuk mengikuti program Kajian Praktik Lapangan (KPL) untuk mempraktekkan teori dan keterampilan dasar yang didapat di perkuliahan. KPL merupakan matakuliah yang mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik kependidikan atau non-kependidikan agar mahasiswa siap menjadi tenaga profesional dalam bidang keahliannya. Kegiatan tersebut akan berlangsung dengan baik apabila mahasiswa calon guru mampu membuat Rencana Pembelajaran, salah satunya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Untuk itu penting untuk dilakukan penelitian untuk menilai kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa Pendidikan Fisika peserta KPL berdasrkan RPP yang telah dibuat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat kuantitatif . Sampel yang digunakan pada penelitian ini dipilih secara purposive sampling dengan mengambil 20 RPP mahasiswa Pendidikan Fisika peserta KPL dengan KD yang sama yaitu: KD 3.1 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari dan KD 4.1 Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan keseimbangan benda tegar. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi Kemampuan CK, PK dan PCK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa kemampuan CK mahasiswa Pendidikan Fisika peserta KPL adalah yaitu 78,79 dengan kategori baik, kemampuan PK 82,59 dengan kategori baik, dan kemampuan PCK 85,42 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa Pendidikan Fisika peserta Kajian Praktik Lapangan semester gasal tahun akademik 2017/2018 Universitas Negeri Malang sebesar 85,42 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18904

Actions (login required)

View Item View Item