Persepsi mahasiswa terhadap format laporan praktikum berbentuk artikel ilmiah pada Praktuikum Fisika Dasar II di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Iqwan Mauludin

Mauludin, Iqwan (2018) Persepsi mahasiswa terhadap format laporan praktikum berbentuk artikel ilmiah pada Praktuikum Fisika Dasar II di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang / Iqwan Mauludin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Mauludin, Iqwan. 2018. Persepsi Mahasiswa terhadap Format Laporan Praktikum Berbentuk Artikel Ilmiah pada Praktikum Fisika Dasar II di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pembimbing (1) Sujito, S.Pd, M.Si. (2) Asim, Drs., M.Pd. Kata Kunci : Format Laporan, Laporan Praktikum, Artikel Ilmiah. Praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang bertujuan agar mahasiswa mendapat kesempatan untuk menguji dan mengaplikasikan teori atau penyelidikan dan pembuktian ilmiah. Evaluasi yang penting dalam kegiatan praktikum adalah evaluasi terhadap hasil pelaksanaan praktikum berupa laporan praktikum. Format laporan praktikum berbentuk artikel ilmiah merupakan hal baru bagi mahasiswa fisika, terutama bagi mahasiswa yang sebelumnya belum pernah menulis karya ilmiah atau sejenisnya. Hal ini menimbulkan berbagai persepsi yang beragam terhadap format laporan praktikum berbentuk artikel ilmiah. Persepsi yang kurang baik dapat membuat semangat mahasiswa menurun dalam mengikuti praktikum fisika. Penulis berinisiatif melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap format laporan praktikum berbentuk artikel ilmiah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini mengetahui persepsi mahasiswa Fisika terhadap Format Laporan Praktikum Berbentuk Artikel Ilmiah pada Praktikum Fisika Dasar II di Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif melalui teknik analisis deskriptif kuantitatif. Deskripsi data yang akan disajikan adalah rerata dan persentase. Selain kuantitatif penelitian ini juga menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil analisis diketahui persepsi mahasiswa terhadap kelebihan format laporan praktikum bentuk artikel ilmiah yaitu sajian sesuai dengan standar format laporan praktikum yang baik, dan cukup praktis digunakan, mendorong sikap tidak bingung dengan hasil praktikum, disiplin waktu pengerjaan, tidak plagiasi dan membantu teman bertanya, menggunakan bahasa formal, karena membaca literasi dari jurnal ilmiah, dan melatih menulis karya ilmiah dan kemampuan menganalisis teori-teori sains. Kekurangannya yaitu penulisan menggunakan pulpen, sehingga sulit untuk membuat grafik dengan baik dan kerancuan antara ringkasan percobaan dengan deskripsi prosedur percobaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18903

Actions (login required)

View Item View Item