Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI pada materi pemuaian / Eka Sri Mu'alimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI pada materi pemuaian / Eka Sri Mu'alimah

Mu'alimah, Eka Sri (2018) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEM terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI pada materi pemuaian / Eka Sri Mu'alimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mu alimah Eka Sri. 2017. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI Materi Pemuaian. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Pembimbing (1) Sujito S.Pd M.Si. (2) Sentot Kusairi Dr. S.Pd. M.Si. Kata Kunci Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pendekatan STEM (Science Technology Engineering and Matematics) Kelas Eksperimen Kelas Kontrol. Perkembangan global yang cepat dalam beberapa tahun terakhir membuat negara-negara maju maupun negara berkembang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan model Pembelajaran Tematik Terpadu (PTP) atau Integrated Thematic Instruction (ITI). Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang penetapan Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah menyebutkan bahwa dengan adanya tantangan internal dan eksternal yang dihadapi oleh Indonesia maka Kurikulum 2013 diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014. Dalam Kurikulum 2013 memberikan suatu keseimbangan antara aspek kognitif afektif dan psikomotor. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat mendukung implementasi kurikulum 2013 adalah pendekatan terpadu STEM (Sains Technology Engineering Mathematics) yang diterapkan pada sebuah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi pemuaian. Penerapan LKPD ini bertujuan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa melalui hasil aspek kognitif yang diperoleh siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA di SMA Al Izzah International Islamic Boarding School Batu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Prestasi belajar peserta didik diukur menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilakukan uji kesamaan keadaan awal dan uji hipotesis menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t prestasi belajar didapat thit (ttabel) yakni menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik yang belajar menggunakan LKPD Pendekatan STEM berbeda dengan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional atau tanpa menggunakan LKPD berbasis STEM. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 84 63 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 72 50 artinya peserta didik yang belajar menggunakan LKPD berbasis STEM memiliki prestasi belajar fisika lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut pendidik dapat menerapkan perangkat pembelajaran LKPD berbasis STEM pada materi pemuaian agar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar fisika pada kelas XI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18902

Actions (login required)

View Item View Item