Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Augmented Reality untuk Membantu Siswa Menganalisis Hubungan Antara Gaya dan Simpangan Gerak Getaran / Efri Nuhan

Nuhan, Efri (2018) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Augmented Reality untuk Membantu Siswa Menganalisis Hubungan Antara Gaya dan Simpangan Gerak Getaran / Efri Nuhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuhan, Efri. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Augmented Reality untuk Membantu Siswa Menganalisis Hubungan Antara Gaya dan Simpangan Gerak Getaran. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sugiyanto, S.Pd., M.Si., (2) Drs. Winarto, M.Pd. Kata kunci: bahan ajar fisika, augmented reality, simpangan gerak getaran Salah satu materi fisika yang dianggap sulit adalah pada KD 3.4 kelas XI SMA/MA yaitu menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran. Materi fisika yang termuat dalam KD 3.4 adalah getaran harmonis sederhana yang meliputi: 1) hubungan antara gaya dan simpangan gerak getaran, 2) hubungan antara gaya dan kecepatan gerak getaran, dan 3) hubungan antara gaya dan percepatan gerak getaran. Materi yang pertama dianggap penting karena mendasari dua materi yang lain. Tetapi hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa prodi pendidikan fisika mengalami miskonsepsi pada materi simpangan gerak getaran sebesar 22%. Disamping itu, hasil wawancara menunjukan siswa kelas XI MAN Gondanglegi mengalami miskonsepsi diantaranya adalah simpangan merupakan besaran skalar sebesar 60% dan arah simpangan searah dengan arah gaya 40%. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya bahan ajar yang digunakan belum maksimal dalam membantu siswa menganalisis hubungan antara gaya dan simpangan gerak getaran. Bahan ajar yang digunakan guru harus sesuai dengan K-13 dan berbasiskan pendekatan saintifik. Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik memerlukan bahan ajar yang berisi informasi tertulis yang disusun secara sistematis. Selain informasi tertulis, tersedia banyak informasi dalam bentuk video dan animasi tentang hubungan gaya dan simpangan gerak getaran. Untuk mengabungkan informasi tertulis di dalam bahan ajar dan informasi dalam bentuk video, maka diperlukannya pengunaan teknologi Augmented Reality (AR). Desain penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) Sugiyono yang meliputi 7 tahapan dari 10 tahapan, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pengumpulan data melalui instrumen yang berbentuk angket yang diisi validator dan uji coba produk oleh pengguna. Analisis data mengunakan rumus presentase rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data validasi bahan ajar fisika berbasis augmented reality untuk membantu siswa menganalisis hubungan antara gaya dan simpangan gerak getaran diperoleh penilaian dari beberapa aspek seperti: 1) kelengkapan dengan presentase 93,75%, kesesuaian dengan K-13 dengan presentase 86,11%, kelayakan basis augmented reality dengan presentase 100%, kelayakan basis pendekatan saintifik dengan presentase 100%. Hasil analisis data uji coba terbatas dipeoleh penilaian dari beberapa aspek seperti: 1) kelengkapan dengan presentase 96,08%, kesesuaian dengan K-13 dengan presentase 96,63%, kelayakan basis augmented reality dengan presentase 97,91%, kelayakan basis pendekatan saintifik dengan presentase 97,07%. Dengan demikian bahan ajar tersebut layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18900

Actions (login required)

View Item View Item