Pengembangan buku ajar digital Fisika berbasis multi representasi untuk membantu siswa menerapkan konsep Gelombang Bunyi dan Cahaya dalam Teknologi kelas XI SMA/MA / U'ud Efendi

Efendi, U'ud (2018) Pengembangan buku ajar digital Fisika berbasis multi representasi untuk membantu siswa menerapkan konsep Gelombang Bunyi dan Cahaya dalam Teknologi kelas XI SMA/MA / U'ud Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efendi, UÔÇÖud. 2018. Pengembangan Buku Ajar Digital Fisika Berbasis Multi Representasi untuk Membantu Siswa Menerapkan Konsep Gelombang Bunyi dan Cahaya dalam Teknologi Kelas XI SMA/MA. Skripsi, JurusanFisika, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edi Supriana, M.Si., (II) Drs. Asim,M.Pd Kata kunci: buku ajar digital, multi representasi, menerapkan konsep, bunyi dan cahaya Fisikamerupakansalahsatudisiplinilmupengetahuanalam yang masihdianggapsulitolehsiswa. Pembentukan anggapan tersebut membuat siswa lebih menghafal rumus dari pada memahaminya. Padahal salah satu tujuan belajar fisika adalah memahami konsep dan prinsip fisika sehingga diharapkan dapat menerapkan pengetahuannya. Oleh karena itu diharapkan siswa memiliki pemahaman yang baik. Salah satu cara memperbaiki pemahaman siswa adalah menggunakan pengalaman belajar berbasis multi representasi. Di sisi lain kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013 revisi. Menurut Kurikulum 2013 revisi pembelajaran mengharuskan siswa mengonstruksi pengetahuannya secara mandiri. Sedangkan perkembangan teknologi digital sangat besar pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Maka diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar digital fisika berbasis multi representasi serta untuk mengetahui kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan mengacu berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut model Borg & Gall. Namun dalampenelitianinihanyadilakukan lima tahapdarisepuluhtahap yang dikembangkanoleh Borg & Gall dikarenakanketerbatasanwaktudanbiaya. Lima tahaptersebutyaitu: (1) Penelitiandanpengumpulaninformasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangandrafproduk, (4) Ujicobalapanganawal, (5) Revisihasilujicoba. Teknikanalisis data yang digunakan terdiri dari analisis statistik deskriptif dan teknik analisis kualitatif. Teknik analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh dari angket validasi dan angket uji coba terbatas. Sedangkan analisis kualitatif deskriptif digunakan mengolah data berupa catatan, komentar, dan saran yang diperoleh dari angket. Hasil penilaian buku ajar digital oleh tiga validator memperoleh rata-rata keseluruhan pencapaian skor sebesar 3,72 dari skala 4,00 yang berarti buku ajar digital memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba terbatas terhadap 26 siswa menunjukkan bahwa persentase hasil uji coba buku digital mencapai 92,66% yang berarti buku ajar digital mendapat kriteria praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa buku ajar digital yang dikembangkan layak untuk diuji cobakan secara lebih luas karena memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18899

Actions (login required)

View Item View Item