Pengembangan sumber belajar untuk membantu siswa kelas X SMA menganalisis sifat elastisitas bahan / Rina Antika, Pengembangan sumber belajar untuk membantu siswa kelas X SMA menganalisis sifat elastisitas bahan / Rina Antika

Antika, Rina (2018) Pengembangan sumber belajar untuk membantu siswa kelas X SMA menganalisis sifat elastisitas bahan / Rina Antika, Pengembangan sumber belajar untuk membantu siswa kelas X SMA menganalisis sifat elastisitas bahan / Rina Antika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Antika,Rina. 2018. Pengembangan Sumber Belajar untuk Membantu Siswa kelas X SMA Menganalisis Sifat Elastisitas Bahan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Sugiyanto,S.Pd, M.Si (II) Drs. Asim, M.Pd Kata Kunci : sumber belajar, sifat elastisitas bahan, pendekatan ilmiah Hasil studi lapangan menujukkan bahwa sebagian besar pembelajaran fisika di kelas masih berpusat pada guru. Guru banyak berceramah dan menggunakan media pembelajaran hanya untuk memberikan penjelasan kepada siswa. Media pembelajaran belum biasa diakses siswa secara langsung. Media pembelajaran belum menjadi sumber belajar yang baik bagi siswa. Sumber belajar yang digunakan hanya buku dan LKS. Siswa juga jarang melakukan percobaan. Oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk mengembangkan sumber belajar berupa video, alat dan bahan percobaan, serta LKS. Sumber belajar ini dipandu dengan skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Penelitian yang dilakukan mengambil lima dari sepuluh langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi dan uji lapangan awal, dan revisi produk. Jenis produk yang dihasilkan yaitu sumber belajar untuk membantu siswa kelas X SMA menganalisis sifat elastisitas bahan dan dipandu dengan skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan ilmiah. Dari hasil analisis data validasi diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,26 dan dikategorikan cukup valid. Sedangkan skor dari angket untuk guru dan siswa mengenai kemudahan dalam mengakses sumber belajar yaitu 3,1 dan 2,7. Sehingga produk yang dikembangkan peneliti dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18898

Actions (login required)

View Item View Item