Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning untuk membantu siswa menerapkan hukum fluida statis dalam kehidupan sehari-hari / Rais Muktamar Amin

Amin, Rais Muktamar (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning untuk membantu siswa menerapkan hukum fluida statis dalam kehidupan sehari-hari / Rais Muktamar Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amin, Rais Muktamar. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Untuk Membantu Siswa Menerapkan Hukum Fluida Statis Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs Dwi Haryoto, M.Pd., (II) Sugiyanto, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: bahan ajar, project based learning, hukum Fluida Statis. Fisika sangat berkaitan dengan lingkungan alam sekitar, secara tidak langsung sebenarnya siswa telah mengetahui berbagai kejadian di lingkungannya yang berkaitan dengan fisika sebab siswa telah memiliki pengalaman sendiri mengenai lingkungan alam sekitarnya. Pembelajaran fisika berbasis Project Based Learning PjBL merupakan strategi kunci untuk menciptakan siswa berpikir mandiri. Oleh karena itu, dilakukanlah pengembangan bahan ajar fisika untuk menunjang pembelajaran project based learning pada siswa kelas XI materi hukum Fluida Statis. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan bahan ajar berbasis Project Based Learning untuk membantu siswa menerapkan hukum fluida statis dalam kehidupan sehari-hari, 2) mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbasis Project Based Learning untuk digunakan dalam pembelajaran fisika SMA kelas XI pada materi fluida statis berdasarkan validasi isi. Langkah-langkah pada penelitian ini yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) merevisi hasil uji coba.Validasi dilakukan oleh ahli terhadap bahan ajar, dan RPP. Uji coba dilakukan untuk mengetahui tingkat keterbacaan peserta didik terhadap bahan ajar. Produk penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 2 macam, yaitu bahan ajar untuk siswa dan untuk panduan mengajar guru. Produk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu: (1) bahan ajar disajikan berdasarkan kehidupan nyata yang ditemukan oleh siswa dan dikaitkan dengan ilmu fisika dapat membuat peserta didik menyadari bahwa fisika erat kaitannya dengan kehidupan; dan (2) materi yang disajikan menggunakan model Project Based Learning sehingga siswa lebih mudah dalam mempelajarinya. Produk yang dikembangkan juga memiliki kekurangan, yaitu: (1) materi hanya terbatas pada hukum Fluida Statis dan penerapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item