Pembelajaran levels of inquiry-discovery untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa pada materi pokok momentum dan impuls / Ratih Asmarani

Asmarani, Ratih (2018) Pembelajaran levels of inquiry-discovery untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa pada materi pokok momentum dan impuls / Ratih Asmarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asmarani, Ratih. 2018. Pembelajaran Levels of Inquiry-Discovery untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Pokok Momentum dan Impuls. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd, (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd. Kata Kunci : levels of inquiry-discovery, penguasaan konsep, momentum dan impuls Penguasaan konsep dalam pembelajaran fisika sangatlah penting. Pada kenyataannya di lapangan masih terdapat permasalahan dalam pembelajaran fisika yaitu rendahnya penguasaan konsep siswa. Salah satu materi yang masih banyak ditemukan kesalahpahaman konsep yaitu momentum dan impuls. Penelitian ini memberikan upaya bagaimana pengaruh pembelajaran levels of inquiry-discovery untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods jenis embedded experimental design. Data dari penelitian ini terbagi menjadi dua data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan posttest sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi selama pembelajaran serta wawancara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Malang yang terdiri dari lima kelas, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X MIPA 2 MAN 1 Malang yang terdiri dari 37 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan penguasaan konsep berjumlah 10 soal pilihan ganda beralasan yang diadaptasi dari energy and momentum conceptual survey (EMCS). Data dianalisis dengan paired sample t-test, d-effect size, dan rata-rata N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran levels of inquirydiscovery dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi momentum dan impuls dilihat dari perbedaan antara skor pretest (M = 2,43) dan posttest (M = 4,76). Kekuatan dampak atau keefektifan pembelajaran levels of inquiry-discovery terhadap penguasaan konsep siswa dilakukan perhitungan d-effect size dengan nilai sebesar 1,72 yang termasuk dalam kategori lebih besar dari standar. Besar peningkatan penguasaan konsep siswa dihitung dengan menggunakan rata-rata Ngain dan diperoleh nilai sebesar 0,31 yang termasuk kategori medium bawah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran levels of inquiry-discovery dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18896

Actions (login required)

View Item View Item