Studi komparatif pengaruh latihan passing bawah berpasangan dengan passing bawah dipantulkan ke dinding (wall bounce) terhadap keterampilan passing bawah pada peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Khairul Auni

Auni, Khairul (2018) Studi komparatif pengaruh latihan passing bawah berpasangan dengan passing bawah dipantulkan ke dinding (wall bounce) terhadap keterampilan passing bawah pada peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Khairul Auni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Auni, Khairul. 2016. Studi Komparatif Pengaruh Latihan Passing Bawah Berpasangan dengan Passing Bawah Dipantulkan Ke Dinding (Wall Bounce)Terhadap Keterampilan Passing Bawah Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli SMA Negeri 4 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Program Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Asim, M.Pd dan (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: eksperimen, latihan passing bawah berpasangan dan latihan ke dinding, passing bawah, bolavoli. Permainan bolavoli merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah untuk dilakukan oleh setiap orang, penguasaan passing bawah memiliki peran penting dalam permianan bolavoli. Berdasarkan pengamatan kegiatan ekstrkurikuler di SMA Negeri 4 Malang didapati sebagian besar peserta kurang tepat saat melakukan passing bawah seperti siku tidak lurus saat perkenaan bola, perkenaan bola tidak tepat pad a lengan, dan pengantisipasian datangnya bola juga masih minim. Maka dari itu peneliti bertujuan membuat program latihan passing bawah berpasangan dan ke dinding sebagai upaya peningkatan keterampilan passing bawah serta mengetahui perbedaan pengaruh latihan berpasangan dan latihan ke dinding menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain rancangan pretest dan posttest dengan pemilihan kelompok yang diacak. Subjek penelitian ini adalah peserta aktif ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 4 Malang. Diawal subjek akan di tes (pretest) keterampilan passing bawah menggunakan brumbach forearm pass wall – volley test. Kemudian peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok satu diberikan perlakuan latihan berpasangan dan kelompok dua diberikan perlakukan latihan ke dinding. Setelah diberikan perlakuan selama 16 kali pertemuan akan di tes kembali seperti di awal. Maka dari hasil tes akhir (posttest) ini akan diketahui pengaruh dari dua metode latihan tersebut. Berdasarkan uji prasayarat one way anova, data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen yaitu nilai Sig > 0,05. Dari hasil pengujian hipotesis kedua kelompok dapat disimpulkan terdapat perbedaan ditandai dengan sama-sama diperoleh nilai Sig < 0,05. Hasil perbandingan kedua kelompok disimpulkan bahwa kelompok latihan berpasangan lebih efektif dengan nilai Sig 0,40 < 0,45 dari nilai signifikansi kelompok latihan ke dinding. Berdasarkan hasil penelitian ini maka untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli dapat menggunakan metode latihan berpasangan dan latihan ke dinding. Untuk presentase penggunaan saat latihan dari dua metode tersebut disarankan metode latihan passing bawah berpasangan lebih banyak diterapkan karena memiliki pengaruh yang lebih baik untuk peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item