Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan pendekatan multirepresentasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa SMA pada pokok bahasan Teori Kinetik Gas / Firza Labiba Audah

Audah, Firza Labiba (2018) Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan pendekatan multirepresentasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa SMA pada pokok bahasan Teori Kinetik Gas / Firza Labiba Audah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Audah, Firza Labiba. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan Pendekatan Multirepresentasi terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D., (II) Drs. Asim, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran Predict-Observe-Explain, pendekatan multirepresentasi, prestasi belajar siswa Model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) yaitu model yang terdiri atas kegiatan siswa dalam memprediksi sesuatu, mendiskusikan hasil prediksi, observasi, dan menjelaskan kesesuaian atau ketidaksesuaian antara hasil prediksi dan observasi. Pendekatan multirepresentasi adalah suatu cara menyatakan suatu konsep melalui berbagai ragam dan bentuk. Multirepresentasi dapat digunakan dalam pembelajaran fisika untuk menyampaikan konsep dengan banyak cara. Model pembelajaran POE dengan pendekatan multirepresentasi dapat digunakan untuk mengoptimalkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE dengan pendekatan multirepresentasi terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini menggunakan dengan rancangan penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes pada materi teori kinetik gas sebanyak 24 soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0,89 pada 56 siswa SMAN 6 Malang yang terdiri dari 28 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan pendekatan multirepresentasi, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan di sekolah tersebut. Instrumen yang digunakan telah melalui uji ahli sebelum digunakan. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann-Whitney prestasi belajar siswa, didapatkan hasil Z = 3,15 > 1,64. Maka, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran POE dengan pendekatan multirepresentasi lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item View Item