Pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) disertai teknik TPS (Think Pair Share) terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X MAN 2 Kota Kediri / M. Panji Arief Billah

Billah, M.Panji Arief (2018) Pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) disertai teknik TPS (Think Pair Share) terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X MAN 2 Kota Kediri / M. Panji Arief Billah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Billah, M. Panji Arief. 2018. Pengaruh Model POE (Predict Observe Explain) disertai teknik TPS (Think Pair Share) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Sujito, S.Pd, M.Si, (II) Dr. Sentot Kusairi, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : prestasi belajar, predict observe explain, think pair share Prestasi belajar merupakan salah satu faktor utama yang dapat digunakan sebagai tolak ukur pemahaman dan penguasaan siswa terhadap konsep atau materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan sesuai dengan kurikulum 2013 adalah pembelajaran model POE (Predict Observe Explain). Selain itu, model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan sesuai dengan kurikulum 2013 adalah model pembelajaran kooperatif dengan teknik TPS (Think Pair Share). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika yang menggunakan pembelajaran model POE disertai teknik TPS lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan Pretest Posttest Control Group Design. Dua kelas dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas control dari keseluruhan kelas X MIA di MAN 2 Kota Kediri. Pada kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan model POE (Predict Observe Explain) disertai teknik TPS (Think Pair Share), sedangkan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan model konvensional. Pada penelitian ini digunakan 2 kegiatan untuk menguji kemampuan siswa, yaitu pretest dan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, dan beberapa soal yang bertujuan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Sebelum digunakan, beberapa soal tersebut diuji tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya beda melalui analisis hasil uji empiris. Tahapan selanjutnya setelah penelitian terlaksana adalah melakukan analisis terhadap soal yang telah terseleksi dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Tahapan terakhir dalam penelitian ini adalah proses pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil analisis, analisis nilai pretest menghasilkan nilai thitungttabel. Nilai tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar kelas eksperimen dengan model POE disertai teknik TPS lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran model konvensional. Penelitian ini juga membuktikan bahwa penggunaan model POE disertai teknik TPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa daripada penggunaan pembelajaran model konvensional. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah pembuatan perencaan pembelajaran, pengaturan waktu dan kelas yang lebih baik. Integrasi model POE disertai teknik TPS pada materi yang lain dan/atau variabel lain seperti kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis juga menjadi rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item View Item