Pengembangan E-Scaffolding Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika dan Literasi ICT Siswa / Muhammad Iqbal Saman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan E-Scaffolding Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika dan Literasi ICT Siswa / Muhammad Iqbal Saman

Saman, Muhammad Iqbal (2018) Pengembangan E-Scaffolding Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika dan Literasi ICT Siswa / Muhammad Iqbal Saman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saman Muhammad Iqbal. 2018. Pengembangan E-Scaffolding Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika dan Literasi ICT Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. MA. (II) Dr. Sunaryono M.Si. Kata kunci E-scaffolding blended learning keterampilan pemecahan masalah fisika literasi ICT. Keterampilan pemecahan masalah dan literasi ICT merupakan domain penting yang wajib dimiliki oleh setiap individu agar dapat hidup di era pengetahuan abad 21. Diperlukan scaffolding agar KPM dan literasi ICT mereka dapat ditingkatkan. Scaffolding mesti diintegrasikan dengan sistem ICT (e-scaffolding) agar dapat digunakan tanpa ada batasan ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem escaffolding yang layak untuk digunakan pada pembelajaran fisika menguji keterbacaan e-scaffolding pada pembelajaran fisika menguji efektivitas e-scaffolding dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika dan literasi ICT siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Borg Gall yang telah direduksi tanpa tahapan diseminasi. Uji coba e-scaffolding terdiri dari tiga tahapan yaitu uji kelayakan uji keterbacaan dan uji efektivitas. Pada uji kelayakan e-scaffolding dievaluasi oleh 2 orang ahli (dosen pendidikan fisika) dan 4 orang praktisi (guru mata pelajaran fisika SMA). Pada uji keterbacaan e-scaffolding digunakan oleh 29 orang siswa SMA melalui simulasi pembelajaran untuk memperoleh data validasi pengguna dan data empiris terhadap penggunaan e-scaffolding. Pada uji efektivitas e-scaffolding digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika dan literasi ICT siswa melalui blended learning yang pelaksanaannya secara simultan antara sesi pembelajaran daring dan luring. Hasil menunjukkan bahwa (1) e-scaffolding layak untuk digunakan dengan beberapa perbaikan setelah dievaluasi (2) e-scaffolding mendapat respon yang sangat baik oleh siswa setelah diuji keterbacaannya (3) escaffolding terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika dan literasi ICT siswa. Tindak lanjut penelitian dan pengembangan ini telah telah disarankan pada tesis ini untuk kesempurnaan escaffolding kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18889

Actions (login required)

View Item View Item