Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan multirepresentasi terhadap prestasi belajar Fisika kelas X SMAN 2 Blitar / Tri Windari Monica Dewi

Dewi, Tri Windari Monica (2018) Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan multirepresentasi terhadap prestasi belajar Fisika kelas X SMAN 2 Blitar / Tri Windari Monica Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi, Tri Windari Monica. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) berbantuan multirepresentasi terhadap Prestasi Belajar fisika kelas X SMAN 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Asim, M.Pd, (II) Dr. Sentot Kusairi, M.Si Kata Kunci: Students Team Achievement Division (STAD), multirepresentasi, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) berbantuan multirepresentasi terhadap prestasi belajar fisika kelas X SMAN 2 Blitar. Melalui hasil wawancara dengan guru fisika di SMAN 2 Blitar prestasi belajar siswa tergolong rendah dibanding dengan mata pelajaran lain. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor yaitu siswa kurang memiliki minat dan tanggung jawab terhadap diri sendiri sehingga cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan model STAD berbantuan multirepresentasi yang berpusat pada peserta didik dapat memfasilitasi berkembangnya prestasi belajar. Dari permasalahan tersebut dipilih model pembelajaran STAD berbantuan multirepresentasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA sebanyak 177 siswa SMAN 2 Blitar. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Terdapat dua kelas dalam penelitian ini, kelas X MIA 5 yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan multirepresentasi dan kelas X MIA 3 yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Terdapat tiga varibel yaitu variabel bebas dengan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan multirepresentasi, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar dan variabel kontrol materi momentum, impuls dan tumbukan. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran STAD berbantuan multirepresentasi, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberi pretest. Setelah diberikan materi diakhir pembelajaran kedua kelas diberi posttest. Berdasarkan hasil analisis validitas butir soal, dari 30 soal yang diujicobakan, terdapat 11 soal tidak valid dan 19 soal valid. Berdasarkan hasil analisis reliabilitas 19 soal butir soal yang telah dipilih dan valid, diperoleh KR-20 sebesar 0.9933. Nilai KR-20 pada tabel ÔÇØ 0,8 ÔÇô 1,0 ÔÇ£ dikategorikan pada kategoriÔÇØsangat tinggiÔÇØ, sehingga dapat disimpulkan bahwa reliabilitas dari 19 soal yang digunakan adalah sangat tinggi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan multirepresentasi lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajran konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berbantuan multirepresentasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 2 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item View Item