Pengaruh model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (DIRC) berbantuan concept maps terhadap prestasi belajar Fisika siswa SMA kelass X SMAN 1 Krembung pada materi Usaha dan Energi / Dessy Dwi Kumalasari

Kumalasari, Dessy Dwi (2018) Pengaruh model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (DIRC) berbantuan concept maps terhadap prestasi belajar Fisika siswa SMA kelass X SMAN 1 Krembung pada materi Usaha dan Energi / Dessy Dwi Kumalasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Dwi,Dessy. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbantuan Concept Maps Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Krembung Pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Univeristas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim,M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Kadim Maskjur,M.Pd Kata Kunci : Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC),Concept Maps, Prestasi Belajar Fisika Mutu pendidikan diperoleh berdasarkan mutu pembelajaran. Dalam pembelajaran yang bermutu, siswa tidak lagi ditempatkan dalam posisi pasif sebagai penerima bahan ajaran yang diberikan guru. Siswa juga sebagai subyek yang aktif melakukan proses berfikir, mencari, mengolah, mengurai,dan menyimpulkan. Kegiatan pembelajaran bermutu adalah proses belajar mengajar yang mampu mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai dimana siswa tidak lagi hanya sekedar menerima namun juga ikut serta dalam berproses dalam menemukan konsep yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dilaksanakan. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang mampu membantu siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Concept Maps pada prestasi belajar siswa SMA kelas X terutama pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design) dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Krembung. Teknik pengambilan sampel mengguakan Sampling Purposive. Terdapat dua kelas dalam penelitian ini, kelas X MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Terdapat dua varibel yaitu variabel bebas dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Concept Maps, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Concept Maps, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberi pretest. Setelah diberikan materi diakhir pembelajaran kedua kelas diberi posttest. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa nilai thitung 3,544>1,999 ttabel. Dari hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Concept Maps lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Oleh karena itu , dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Concept Maps berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Krembung pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item