Pengaruh modeling instruction berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar fisika siswa MA Bilingual Batu / Pipit Indrawati

Indrawati, Pipit (2018) Pengaruh modeling instruction berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar fisika siswa MA Bilingual Batu / Pipit Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Indrawati, Pipit. 2018. Pengaruh Modeling Instruction Berbantuan Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa MA Bilingual Batu. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Asim, M.Pd, (II) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd. Kata Kunci: Modeling Instruction, mind mapping, prestasi belajar fisika Pembelajaran yang dianjurkan dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis student center. Salah satu sekolah memiliki kendala dalam meningkatkan pemahaman siswa, karena salah satu dari tujuan pendidikan ialah mengenai prestasi belajar siswa. Model pemebelajaran yang melatih siswa dalam meningkatkan prestasi yaitu modeling instruction. Modeling Instruction merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk berlatih dalam merepresentasikan gambar, grafik, atau persamaan. Berbantuan mind mapping dapat dijadikan sebagai bentuk catatan yang menarik dalam memahami materi esensial dan membatu siswa dalam berkreasi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh modeling instruction berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy exsperimen dengan desain Pretest and Posttest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MA Bilingual Batu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan dengan cara diundi. Prestasi belajar diukur menggunakan instrument yang berupa pilihan ganda. Instrument tes terlebih dahulu diuji validitas, taraf kesukaran, daya beda, dan reabilitas. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas F (fishe ). Selanjutnya, diadakan uji hipotesis menggunakan uji-t one tail. Hasil prestasi belajar menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,12 lebih tinggi dari pad akelas kontrol 61,06, artinya siswa yang belajar menggunakan modeling instruction berbantuan mind mapping memiliki prestasi lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil uji-t one tail prestasi belajar didapat thitung > ttabel yaitu 3,125 > 1,669 menunjukkan prestasi belajar menggunakan modeling instruction berbantuan mind mapping memiliki prestasi lebih tinggi dibandingkan belajar menggunakan model konvensional. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh modeling instruction berbantuan mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item View Item