Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan permainan kartu uno terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA MAN Kota Batu / Wiji Astuti

Astuti, Wiji (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan permainan kartu uno terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA MAN Kota Batu / Wiji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Astuti, Wiji. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Kartu UNO Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIPA MAN Kota Batu. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd, (II) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd. Kata Kunci:model kooperatif, kooperatif TGT, kartu UNO, prestasi belajar Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament Berbantuan Kartu UNO merupakan model pembelajaran yang menggunakan turnamen akademik, yang menggunakan kartu UNO sebagai permainan, di mana siswa belajar, bekerja dan berlomba untuk mendapatkan skor terbanyak. Model pembelajaran ini memiliki lima tahapan, yaitu penyajian kelas, pembentukan kelompok, permainan, turnamen, dan penghargaan kelompok.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu UNO dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN Kota Batu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 3 dan X MIA 2. Pemilihan kelas sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPP dan LKS, sementara instrument pengukuran berupa lembar observasi dan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar nilai pretest, diperoleh nilai thitung 0,135 < 1,672 (t58;0,05), maka tidak ada perbedaan kemampuan awal kelompok siswa pad akelas eksperimen dan kelompok siswa pad akelas kontrol sebelum diberi perlakuan. Setelah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu UNO pad akelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pad akelas kontrol, hasil posttest menunjukkan nilai rata – rata kelas eksperimen 84,58 dan kelas kontrol 76,25. Hasil uji hipotesis prestasi belajar didapat thitung = 3,710 > 1,672(t58;0,05) menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan kelompok siswa yang menggunakan model konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model pembelajaran koopertaif tipe TGT terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIA MAN Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item View Item