Pengembangan multimedia pembelajaran Fisika dengan pendekatan saintifik berbantuan swishmax pada materi Momentum dan Impuls untuk siswa kelas X / Sheyla Sandy Pramudia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran Fisika dengan pendekatan saintifik berbantuan swishmax pada materi Momentum dan Impuls untuk siswa kelas X / Sheyla Sandy Pramudia

Pramudia, Sheyla Sandy (2018) Pengembangan multimedia pembelajaran Fisika dengan pendekatan saintifik berbantuan swishmax pada materi Momentum dan Impuls untuk siswa kelas X / Sheyla Sandy Pramudia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramudia Sheyla Sandy. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Swishmax Pada Materi Momentum dan Impuls untuk Siswa Kelas X. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd. (II) Dr. Endang Purwaningsih M.Si Kata Kunci multimedia pembelajaran pendekatan saintifik momentum dan impuls Dalam kurikulum 2013 dijelaskan bahwa salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran adalah pendekatan saintifik. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran fisika membantu siswa dalam memahami materi fisika yang abstrak menjadi lebih konkret. Multimedia interaktif adalah media yang cocok untuk siswa dalam memahami materi fisika. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran serta mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R D). Sebelum produk diujicobakan pada siswa produk divalidasi oleh para ahli materi dan ahli media. Validator terdiri dari 1 orang dosen fisika Universitas Negeri Malang dan 1 orang guru SMA Negeri 6 Malang. Subjek uji coba terbatas adalah 30 siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang. Data yang diperoleh dari validator berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa penilaian terhadap produk menggunakan angket dengan skala penilaian 1 sampai 4. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan validator terhadap produk. Materi yang digunakan dalam pengembangan produk ini adalah momentum dan impuls. Dari hasil analisis data uji validitas produk produk ini dinyatakan sangat valid dengan rata-rata validasi materi sebesar 88 43% dan hasil analisis rata-rata validasi media sebesar 89 78%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18884

Actions (login required)

View Item View Item