Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis swishmax pada materi Usaha dan Energi / Dini Wulan Windasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis swishmax pada materi Usaha dan Energi / Dini Wulan Windasari

Windasari, Dini Wulan (2018) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis swishmax pada materi Usaha dan Energi / Dini Wulan Windasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Windasari Dini Wulan. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Swishmax Pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Winarto M.Pd. (II) Sujito S.Pd. M.Si. Kata Kunci media pembelajaran interaktif pendekatan saintifik usaha dan energi Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di abad ke-21 saat ini sangatlah pesat di semua bidang termasuk bidang pendidikan. Dalam kurikulum 2013 menuntut pembelajaran berbasis penggunaan ICT dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik. Proses pembelajaran konvensional harusnya diganti dengan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat diimplementasikan dengan cara penggunaan media pembelajaran yang menerapkan ICT dengan pendekatan saintifik. Materi usaha dan energi memiliki beberapa fenomena yang tidak dapat disajikan secara langsung di dalam kelas. Misalnya pada fenomena roller coaster bahwa energi mekaniknya selalu tetap tetapi energi potensial dan energi kinetiknya berubah-ubah. Penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan ICT diharapkan mampu membantu siswa untuk memvisualisasikan dan memahami materi tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi usaha dan energi yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sukmadinata menjadi 3 langkah yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Produk pengembangan ini melalui dua tahap pengujian yaitu validitas produk dan uji coba terbatas. Uji validitas dilakukan oleh dosen fisika UM dan guru fisika SMAN 6 Malang. Uji coba terbatas dilakukan di SMAN 6 Malang. Subjek uji coba terbatas yaitu siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 30 orang. Materi dalam produk ini disajikan dengan menggunakan tahapan pendekatan saintifik. Setiap sub materinya terdapat lima tahapan sesuai pendekatan saintifik. Hasil analisis data uji validitas media pembelajaran interaktif menunjukkan bahwa produk ini dinyatakan valid dengan nilai rata-rata kevalidan media sebesar 90 30% dan kevalidan materi sebesar 93 62%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18883

Actions (login required)

View Item View Item