Prototipe Robot Line Follower Sebagai Alat Pengantar Buku pada Rak Berbasis Arduino Mega2560 di Perpustakaan / Dwi Nova Arianto

Arianto, Dwi Nova (2018) Prototipe Robot Line Follower Sebagai Alat Pengantar Buku pada Rak Berbasis Arduino Mega2560 di Perpustakaan / Dwi Nova Arianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nova Arianto, Dwi. 2015. Prototipe Robot Line Follower Sebagai Alat Pengantar Buku pada Rak Berbasis Arduino Mega2560 di Perpustakaan. Skripsi, Program Studi Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Heriyanto ,S. Pd.,M.Si., (II) Samsul Hidayat, S.Si., M.T. Kata kunci : Perpustakaan, Robot Line Follower, Radio Frequent Idenntification (RFID), Load Cell. Fasilitas peralatan dan perlengkapan yang ada di perpustakaan dapat digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan para pegawai. Salah satu fasilitas alat yang digunakan pegawai untuk mengembalikan buku pada rak adalah troli. Karena troli ini masih menggunakan tenaga manusia, terkadang para pegawai perpustakaan harus bersusah payah untuk mendorong troli, sehingga diperlukan waktu yang lama untuk mengembalikan buku. Selain itu, pegawai juga harus mencari rak buku. Maka perlu dibuat robot yang berfungsi untuk mengantarkan buku diperpustakaan. Robot ini dapat menggantikan dan melaksanakan peran pegawai perpustakaan dalam mengantarkan buku pada rak secara cepat dan tepat, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat prototype robot Line Follower sebagai pengantar buku yang dilengkapi dengan sensor massa yang berupa Load Cell dan sensor pembaca buku yang berupa Radio Frequent Identification Device (RFID) serta mempunyai kemampuan mengirim buku pada 4 rak yang berbeda. Langkah ÔÇô langkah penelitian yang dilakukan adalah membuat rancangan berupa software dan hardware, kemudian melakukan pengujian setiap tahap dari alat yang dirancang. Selanjutnya mencoba seluruh sistem apakah telah bekerja sesuai dengan rencana. Hasil pengujian produk menyajikan dua jenis data, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan analisis penentuan linieritas data terhadap rangkaian yang dibuat selama penelitian. Hasil analisis ini digunakan untuk menentukan kelayakan rangkaian untuk digunakan dalam penelitian. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan pembuatan Prototipe robot Line Follower yang telah dibuat sudah mampu mengantarkan buku dan mengukur massa buku dengan menggunakan Load Cell. Selain itu prototipe robot Line Follower juga dapat membaca kode buku dengan menggunakan Radio Frequent Identification Device (RFID) pada jarak minimal 1 cm sampai 5 cm tanpa ada penghalang serta mampu mengirim buku pada 4 rak yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18882

Actions (login required)

View Item View Item