Pengaruh model pembelajaran ecirr berbantuan Information and Communication Technology (ICT) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X mipa / Saadilla Astamega

Astamega, Saadilla (2018) Pengaruh model pembelajaran ecirr berbantuan Information and Communication Technology (ICT) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X mipa / Saadilla Astamega. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Astamega, Saadilla. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR Berbantuan Information and Communication Technology (ICT) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang: Pembimbing : (I) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D., Pembimbing (II) Drs. Asim, M.Pd. Kata kunci: model pembelajaran ECIRR, ICT, prestasi belajar fisika Prestasi belajar adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. Laporan Hasil Ujian Nasional tahun 2015/2016 oleh Pusat Penelitian Pendidikan memberikan informasi bahwa capaian rata-rata nilai UN 2016 untuk jenjang SMA mengalami penurunan dibanding tahun 2015. Berdasarkan laporan tersebut, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar untuk jenjang SMA masih rendah. Prestasi belajar termasuk dalam faktor yang krusial karena prestasi belajar menjadi standar ketuntasan penguasaan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce (ECIRR) berbantuan Information And Communication Technology (ICT) terhadap prestasi belajar fisika siswa dalam materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Pare tahun ajaran 2017/2018. Pada penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling dan diperoleh sampel untuk penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen untuk diberikan perlakuan dan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes kemampuan awal dan tes prestasi belajar fisika yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda pada materi usaha dan energi, dokumentasi, dan observasi kegiatan pembelajaran. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran ECIRR berbantuan Information And Communication Technology (ICT) menghasilkan ratarata posttest siswa lebih baik daripada rata-rata posttest siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa, thitung (3,738) > ttabel (1,667). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran ECIRR berbantuan Information And Communication Technology (ICT) dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item View Item