Pengembangan bahan ajar berbasis conceptual building dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada materi Gerak Harmoni Sederhana (GHS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Dewi Nuraini Bahariantiwi

Bahariantiwi, Dewi Nuraini (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis conceptual building dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada materi Gerak Harmoni Sederhana (GHS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Dewi Nuraini Bahariantiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bahariantiwi, Dewi Nuraini. 2018 . Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Conceptual Building dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada Materi Gerak Harmonik Sederhana (GHS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si, (II) Sulur, S.Pd, M.Si,M.T.D Kata Kunci: conceptual building, PCK, kemampuan berpikir kritis Fisika merupakan materi pembelajaran yang sebagian besar konsep-konsepnya merupakan konsep yang bersifat abstrak. Setiap konsep-konsep yang terdapat pada fisika memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga pemahaman konsep fisika sangat penting untuk mempermudah siswa dalam mempelajari fisika. Sedangkan pemahaman konsep merupakan dasar dari kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya berpikir kritis. Namun hasil survey di lapangan, masih banyak siswa yang hanya menghafal persamaan atau rumus dibandingkan memahami konsep fisis itu sendiri. Rendahnya pemahaman konsep siswa berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa yang salah satu pengaruhnya terdapat pada sumber belajar yaitu bahan ajar siswa. Bedasarkan hal-hal yang telah disebutkan di atas, sehingga diperlukan bahan ajar yang memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu dengan merujuk pada conceptual building dan PCK. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan Four-D namun tahap disseminate tidak dilakukan. Hasil penelitian ini adalah produk bahan ajar yang berbasis conceptual building dan PCK pada materi GHS kelayakan isi sebesar 3,33 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kelayakan RPP dan CoRe didapatkan nilai secara berurutan sebesar 3,37 dan 3,22 dengan kriteria sangat valid dan cukup valid. Bahan ajar ini baik digunakan dalam proses pembelajaran fisika materi GHS dikarenakan pada uji keterbacaan dan keterlaksanaan didapatkan nilai sebesar 83,5% dan 80,4% dimana pembelajaran menggunakan bahan ajar ini sudah cukup baik dan praktis. Bahan ajar ini juga efektif dalam meningkatkan berpikir kritis siswa dikarenakan hasil N-Gain Score siswa kelas X-MIPA 3 SMAN 10 Malang memiliki nilai sebesar 0,84 dimana menunjukkan peningkatan berpikir kritis yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item