Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Galllery Walk dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Batu Pada Materi Usaha dan Energi / Bayu Dwiarga Pradika

Pradika, Bayu Dwiarga (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Galllery Walk dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Batu Pada Materi Usaha dan Energi / Bayu Dwiarga Pradika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pradika, Bayu Dwiarga. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Galllery Walk dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Batu Pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi, Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Kadim Maskjur, M.Pd, (II) Sulur, S.Pd, M.Si, M.TD. Kata Kunci: Gallery Walk, Contextual Teaching and Learning, prestasi belajar fisika Prestasi belajar fisika merupakan hasil yang diperoleh dari serangkaian proses belajar yang dilakukan oleh siswa pada pembelajaran fisika. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Galllery Walk dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam pembelajaran materi Usaha dan Energi untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Galllery Walk dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMAN 1 Batu pada materi Usaha dan Energi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 1 Batu tahun ajaran 2017/2018. Teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh sampel untuk penelitian yaitu siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan tes kemampuan awal dan prestasi belajar fisika yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda pada materi Usaha dan Energi, dokumentasi, dan observasi kegiatan pembelajaran. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setara. Rata-rata kemampuan awal siswa kelas eksperimen sebesar 30,92 dan kelas kontrol sebesar 27,89. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Galllery Walk dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning menghasilkan rata-rata posttest siswa lebih baik daripada rata-rata posttest siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata posttest siswa kelas ekperimen adalah 77,12, sedangkan rata-rata posttest siswa kelas kontrol adalah 61,84. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa, thitung (5,875) > ttabel(72;0,05) (1,666). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Galllery Walk dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMAN 1 Batu pada materi Usaha dan Energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18879

Actions (login required)

View Item View Item