Efektivitas buku ajar berbasis problem solving dalam menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum pada kehidupan sehari-hari untuk siswa SMA kelas X / Binti Nafi'atus Safa'ah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas buku ajar berbasis problem solving dalam menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum pada kehidupan sehari-hari untuk siswa SMA kelas X / Binti Nafi'atus Safa'ah

Safa'ah, Binti Nafi'atus (2018) Efektivitas buku ajar berbasis problem solving dalam menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum pada kehidupan sehari-hari untuk siswa SMA kelas X / Binti Nafi'atus Safa'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Safa ah Binti Nafi atus. 2018. Efektivitas Buku Ajar Berbasis Problem Solving dalam Menerapkan Konsep Momentum dan Impuls serta Hukum Kekekalan Momentum pada Kehidupan Sehari-hari untuk Siswa SMA Kelas X. Jurusan Fisika Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edi Supriana M.Si (II) Drs. Winarto M.Pd. Kata Kunci Efektivitas Buku Ajar Problem Solving Pembelajaran fisika tidak terlepas dari tiga unsur pokok yang meliputi guru siswa dan materi yang diajarkan. Materi yang diajarkan dikemas dalam sebuah bahan ajar. Bahan ajar atau materi pembelajaran (intructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan keterampilan dan sikap yang harus dipelajari siswa untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan (Depdiknas 2006). Bahan ajar dapat berupa buku teks. Bahan ajar sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar karena dapat memperkuat dan mendukung informasi yang disajikan guru di kelas serta memegang peranan penting untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran (Purmadi Surjono 2016).Bahan ajar dalam konteks kurikulum 2013 sudah disediakan secara lengkap oleh Kemendiknas. Namun pengembangan bahan ajar tetap harus dilakukan seiring dengan keadaan dan kebutuhan siswa. Penelitian pengembangan bahan ajar telah dilakukan oleh (Resty 2017) dengan mengembangkan bahan ajar berbasis Problem Solving. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu buku ajar berbasis problem solving dalam menerapkan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum pada kehidupan sehari-hari. Hasil penilaian buku ajar dari validitas satu orang ahli dengan rata-rata keseluruhan pencapaian skor sebesar 3 92 dari skala 4 00 yang berarti buku ajar memenuhi kriteria valid dan digunakan dengan revisi sangat kecil. Buku ajar tersebut perlu dilakukan uji efektivitas untuk mengetahui apakah bahan ajar tesebut cocok digunakan untuk siswa SMA serta dapat dijadikan rujukan dalam pembelajaran. Rancangan penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Postest. Pada awal dilakukan pretest kemudian dikenakan perlakuan berupa pemberian buku ajar berbasis problem solving untuk jangka waktu tertentu lalu dilakukan posttest dengan instrumen yang sama berupa soal tes pilihan gada sejumlah 20 soal. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Karangrejo dengan sampel sejumlah 67 siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis nilai pretest dan posttest dengan melihat rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0 61. Rata-rata gain ternormalisasi berada pada klasifikasi sedang 0 3 0 7 yang menunjukkan bahwa penggunaan buku ajar berbasis problem solving pada materi momentum dan impuls pada siswa kelas X SMAN 1 Karangrejo dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item View Item