Pengembangan multimedia interaktif berbantuan swishmax untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Hukuim Newton tentang Gravitasi kelas X MIA / Dhita Safrilla Rahmatania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbantuan swishmax untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Hukuim Newton tentang Gravitasi kelas X MIA / Dhita Safrilla Rahmatania

Rahmatania, Dhita Safrilla (2018) Pengembangan multimedia interaktif berbantuan swishmax untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Hukuim Newton tentang Gravitasi kelas X MIA / Dhita Safrilla Rahmatania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rahmatania Dhita Safrilla. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan SwishMax untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Hukum Newton tentang Gravitasi Kelas X MIA Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si. (II) Drs. H. Winarto M.Pd. Kata Kunci multimedia interaktif pemahaman konsep Hukum Newton tentang Gravitasi Perkembangan dari revolusi digital pada abad 21 yang semakin pesat berdampak pada terciptanya lingkungan berbasis teknologi terutama pada dunia pendidikan. Akibat dari revolusi digital tersebut ditandai dengan kebutuhan siswa akan teknologi yang sangat tinggi. Sebab berbagai macam informasi yang diperlukan saat ini dapat diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan teknologi. Pendekatan Life-Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran modern yang membutuhkan teknologi tinggi sebagai pendukungnya. Hal ini bertujuan untuk memenuhi tuntutan dari kurikulum yang berlaku saat ini (Kurikulum 2013 revisi 2016) yaitu menciptakan pembelajaran yang memfasilitasi para siswa agar dapat belajar secara mandiri-interaktif. Untuk memperjelas hal-hal abstrak dalam pembelajaran fisika peran dari penggunaan media pembelajaran sangatlah penting. Menyesuaikan dengan adanya revolusi digital salah satu jenis media yang perlu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah multimedia. Selain praktis multimedia dapat menampilkan suatu fenomena lebih konkret interaktif dan menyenangkan. Sehingga memungkinkan peserta didik untuk mengkonstruksi pemahaman konsep yang lebih matang daripada sekedar membaca buku teks. Berdasarkan uraiaan di atas maka harus segera dikembangkan multimedia interaktif dengan berbantuan aplikasi SwishMax 4 yang dapat dioperasikan melalui Laptop/PC maupun Android. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R D) yang diadaptasi dari model Borg and Gall. Sumber data yang diperlukan pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui instrumen penelitian sebagai berikut (1) angket keterbacaan materi untuk dosen validator materi (2) angket keterbacaan media untuk dosen validator media (3) angket keterbacaan media dan materi untuk guru fisika (4) angket keterbacaan media dan materi untuk 15 siswa kelas X-4 MIA SMA Brawijaya Smart School. Selanjutnya data tersebut diproses untuk mengetahui produk multimedia interaktif yang dikembangkan tersebut telah layak digunakan atau memerlukan revisi lebih lanjut. Berdasarkan hasil analisis dari data yang diperoleh melalui validator ahli materi dan media media ini telah dinyatakan valid. Valid yang dimaksud adalah media ini baik dari aspek materi maupun konten sudah bisa dipergunakan untuk menunjang pembelajaran siswa kelas X. Adapun rata-rata persentase kevalidan dari segi media adalah 96 77% sedangkan dari segi materi adalah 88 71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18877

Actions (login required)

View Item View Item