Analisis mutu yoghurt susu sapi substitusi susu beras merah (oryza nivara) / Nur Wahidatul Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis mutu yoghurt susu sapi substitusi susu beras merah (oryza nivara) / Nur Wahidatul Hasanah

Hasanah, Nur Wahidatul Hasanah (2021) Analisis mutu yoghurt susu sapi substitusi susu beras merah (oryza nivara) / Nur Wahidatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Beras merah adalah bahan pangan yang kaya akan manfaat namun kurang diminati karena rasanya yang hambar dan pemanfaatannya masih terbatas khususnya di bidang kuliner. Beras merah berpotensi diolah menjadi makanan fungsional salah satunya adalah yoghurt. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) dan bertujuan untuk melihat pengaruh substitusi susu beras merah terhadap mutu yoghurt dengan rasio susu sapi dan susu beras merah 70% 30% 60% 40% dan 50% 50%. Dilakukan 2 kali ulangan pada tiap perlakuan. Uji yang dilakukan ialah uji fisik (warna dan viskositas) dan uji kimia (nilai pH total asam kandungan mineral dan kapasitas antioksidan). Data yang didapat kemudian diuji menggunakan metode DMRT (Duncan Multiple Range Test) yang bertujuan untuk mengetahui perlakuan terbaik dari ketiga formula yoghurt susu sapi substitusi susu beras merah. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap sifat fisik warna dan viskositas. Hasil yang sama juga terjadi pada analisis kimia (nilai pH total asam kandungan mineral dan kapasitas antioksidan) yoghurt susu sapi substitusi susu beras merah yaitu terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/188760

Actions (login required)

View Item View Item