Analisis penguasaan konsep dan kesulitan siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing disertai dengan formative feedback pada materi hukum Newton / Rosyida Azzahro

Azzahro, Rosyida (2018) Analisis penguasaan konsep dan kesulitan siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing disertai dengan formative feedback pada materi hukum Newton / Rosyida Azzahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Azzahro, Rosyida. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Dengan Model Inkuiri Terbimbing Disertai Dengan Formative Feedback Pada Materi Hukum Newton. Pembimbing: (I) Dr. Sentot Kusairi, M. Si., (II) Sujito, S. Pd, M. Si Kata kunci: penguasaan konsep, inkuiri terbimbing, formative feedback, Hukum Newton Hukum Newton merupakan bagian penting dalam pembelajaran fisika karena merupakan konsep fundamental untuk materi fisika selanjutnya. Saat ini dalam pembelajaran fisika, Hukum Newton merupakan salah satu materi yang sulit. Kesulitan yang dialami oleh siswa disebabkan penguasaan konsep yang masih rendah. Penguasaan konsep sangat penting dikembangkan dalam pembelajaran, sehingga dibutuhkan pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pada penerapannya, medel inkuiri terbimbing memiliki kekurangan yakni siswa mengalami kesulitan dalam merumuskan masalah dan hipotesis, sehingga dalam penelitian ini model pembelajaran akan disertai dengan formative feedback untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep siswa pada materi Hukum Newton setelah diberi pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing disertai dengan formative feedback. Penelitian ini menggunakan desain mixed method embedded experimental. Subjek penelitian ini sebanyak 21 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki kelas X MIPA2 SMA Negeri 1 Pagak. Sebelum dilakukan pembelajaran, dilakukan tes penguasaan konsep untuk mengukur penguasaan konsep siswa diawal (pre-test). Instrumen tes penguasaan konsep yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda beralasan dengan reliabilitas 0,67. Setelah dilakukan pembelajaran, juga dilakukan tes penguasaan konsep untuk mengukur penguasaan konsep siswa setelah dilakukan pembelajaran (post-test). Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan paired sample t-test, dilanjutkan dengan effect size dan N-Gain dan analisis kualitatif dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan alasan siswa menjawab soal. Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan wawancara pada siswa pada saat sebelum pembelajaran dan setelah dilakukan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing disertai dengan formative feedback penguasaan konsep siswa berada pada kategori sedang. Hasil ini didukung oleh uji statistik yakni uji paired sample t-test yang menunjukkan thitung > ttabel (22,8 > 2,027) artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 0,374 yakni pada kategori sedang. Perhitungan d-effect size menunjukkan pengaruh pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa sebesar 13,7 dengan kategori kuat. Setelah pembelajaran dilakukan masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan arah percepatan benda, hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam menentukan resultan gaya pada benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18874

Actions (login required)

View Item View Item